Find Us On Social Media :
Ilustrasi makanan bayi. (Freepik.com)

Waspada, Bahan Kimia Beracun Ditemukan di Sebagian Besar Makanan Bayi

Kumairoh - Senin, 13 Januari 2020 | 17:35 WIB

Sonora.ID - Kelompok kesehatan konsumen mengatakan hampir semua makanan bayi mengandung setidaknya satu bahan kimia beracun.

Melansir Healthline, tes makanan bayi yang dijual di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa 95 persen mengandung satu atau lebih bahan kimia beracun, termasuk timbal, arsenik, merkuri, dan kadmium.

Para peneliti mengatakan jumlah racun dalam makanan bayi kecil, tetapi kontaminasi kimia dapat menumpuk dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Risiko Leukimia pada Anak Meningkat Jika Rumah Terlalu Bersih

Para ahli menyarankan orang tua untuk menghindari produk berbasis beras dan memberi makan makanan bayi seperti oatmeal.

Dan 1 dari 4 dari 168 makanan bayi yang diuji mengandung keempat logam berat, menurut laporan dari kelompok Healthy Babies Bright Futures (HBBF).

Jumlah racun yang ditemukan dalam makanan bayi kecil, tetapi Dr. Philip Landrigan , seorang dokter anak dan direktur Program Kesehatan Masyarakat Global dan Kebaikan Bersama di Institut Schiller untuk Sains dan Masyarakat Terpadu di Boston College, mencatat, “Arsenik, timah, dan logam berat lainnya diketahui sebagai penyebab kerusakan perkembangan saraf."

Baca Juga: Belajar dari Kasus Reynhard Sinaga, Bagaimana Cara Deteksi Obat Bius GHB?

"Eksposur tingkat rendah bertambah, dan eksposur di awal kehidupan sangat berbahaya," katanya kepada Healthline. "Dampak eksposur kumulatif adalah apa yang membuat ini menjadi perhatian signifikan yang menuntut tindakan."

Di antara makanan berisiko tinggi untuk bayi adalah camilan dan makanan berbahan dasar beras (cemilan puff, biskuit tumbuh gigi, dan sereal bayi), wortel, kentang manis, dan jus buah.