Find Us On Social Media :
ilustrasi physical distancing (pixabay)

Untuk Atasi Virus Corona, Masyarakat Harus Saling Peduli Sesama

Jati Sasongko - Selasa, 31 Maret 2020 | 21:31 WIB

Palembang, Sonora.ID – Terkait imbauan pemerintah agar masyarakat menerapkan social distancing, dosen Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed mengatakan bahwa kebijakan tersebut sudah tepat.

“Tentu pemerintah pakai data, dari dinas kesehatan, ahli ahli bahkan dari dunia, dari negara lain yang terjangkit virus ini,” ucapnya.

Oleh sebab itu, dirinya menghimbau agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah terkait social distancing.

Baca Juga: Pemkot Makassar Terima Bantuan 20 Unit Wastafel untuk Cegah Corona

“Saya kira imbauan ini akan membantu mengatasi persoalan-persoalan berkaitan dengan covid-19,” ucapnya.

Mengenai masih banyaknya masyarakat yang tidak patuh dengan himbauan tersebut, Idi mengatakan bahwa hal tersebut banyak dilakukan oleh masyarakat kalangan ekonomi bawah yang pendapatannya didapat secara harian, sementara pemerintah memiliki keterbatasan dana untuk memberikan dana apabila mereka harus di rumah selama dua bulan penuh.

“Idealnya mereka tidak kerja, dikasih uang, tetapi pemerintah punya keterbatasan. Ini harus dicari solusinya, paling tidak untuk hal-hal urgen sperti hand sanitizer, masker, dan lain-lain, harus disediakan, sehingga agak minim resikonya,” ucapnya.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Corona, Pemkot Makassar Perketat Akses Antar Pulau

Terkait imbauan pemerintah agar masyarakat tidak mudik, Idi mengatakan bahwa imbauan tersebut juga sangat baik sebab apabila kebiasaan mudik tetap dilakukan maka akan memperbesar risiko penyebaran virus corona.

“Saya setuju dengan imbaun itu, prediksi kan sesudah lebaran baru normal, kalau orang banyak mudik proses recovery bisa jadi tambah molor. Lebih baik uang mudiknya dikirimkan saja ke orang tua atau keluarga, lebih aman,” ucapnya.

Idi mengimbau kepada semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat untuk bersama-sama peduli dan toleransi dalam mengatasi permasalahan covid-19 ini.

“Menumbuhkan toleransi semua pihak, atasan dengan bawahan, orang kaya dengan orang miskin, kemudian pejabat dengan rakyatnya, karena ini semua bisa kena semua tidak pandang bulu, ini masalah bersama, dan sisi lainnya menguatkan kepedulian kita, ini yang terpenting,“ tutupnya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Warga Banjarmasin Dapat Bantuan Cairan Disinfektan