Find Us On Social Media :
Area makam masih ditutup. Salah seorang peziarah mendoakan dari luar pagar. (Smartfm Banjarmasin / Jumahudin)

Makam Sultan Suriansyah Belum Juga Dibuka, Pemko Banjarmasin Kembali Berjanji

Jumahudin - Kamis, 13 Agustus 2020 | 14:50 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID - Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Banjarmasin tidak menepati janjinya membuka cagar budaya makam Sultan Suriansyah yang digembok akibat konflik dualisme kepengurusan.

Sebelumnya, pada tanggal 30 Juli lalu, pemerintah akan membuka makam dalam pekan itu, namun tidak ditepati.

Kemudian di tanggal 8 Agustus lalu, Pemko kembali mendatangi makam raja Banjar pertama itu paling lambat kemarin, Rabu (12/08)

Namun demikian, wartawan di lapangan dan sampai berita ini diturunkan, kondisi makam dan peziarah pun tidak bisa masuk ke area makam.

Baca Juga: Longsor, Pemkot Bandung Bangun Kirmir Sementara di TPU Cikutra

Ketika dikonfirmasi, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdako Banjarmasin, Doyo Pujadi, mengklaim bahwa besok, Jumat (14/08), makam Sultan Suriansyah baru akan dibuka.

Dibukanya kembali cagar budaya itu menurut Doyo, sesuai hasil rapat terakhir bersama aparat penegak hukum dan kelurahan, yang juga diketahui oleh kedua belah pihak pengelola yang sedang berkonflik.

Besok (14/08) jam 09.00 WITA rencananya makam Sultan Suriansyah kita buka, ungkap Doyo kepada SMART FM, di Balai Kota, Kamis (13/08).

Penyebab berlarut-larutnya pembukaan makam ini diklaim karena jajarannya sedang mengamati dan melihat situasi antara kedua pihak pengelola yang berkonflik.