Find Us On Social Media :
penggunaan sistem pembayaran digital di salah satu kedai kopi di Banjarmasin (Smart Banjarmasin/Eva Rizkiyana)

40 Pegiat UMKM Berpartisipasi dalam Expo Virtual Besutan BI Kalsel

Eva Rizkiyana - Kamis, 10 September 2020 | 16:30 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID – Dalam upaya mendukung pembukaan sektor produktif dan aman serta digitalisasi UMKM, ekonomi dan keuangan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menggelar expo pada 15-17 September mendatang.

Uniknya, expo bertajuk ‘Karya Gawi Borneo untuk Mendukung Indonesia Maju’ diikuti 40 UMKM terpilih akan digelar secara virtual dan memanfaatkan sarana digital, baik untuk penjualan poduk maupun pembayarannya, dengan menggandeng situs jual beli Blibli.com.

Amanlison Sembiring, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan dalam rilis resminya, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya nyata pihaknya dalam meningkatkan kapasitas UMKM dan mendukung program percepatan pemulihan UMKM, yang terdampak pandemi CoVID-19.

Baca Juga: Dibanding DPT Pileg 2019, DPS Kota Banjarmasin Bertambah 527 Pemilih

Expo UMKM Karya Kreatif dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Provinsi Kalimantan Selatan yang memanfaatkan sarana digital diikuti oleh UMKM mitra dan binaan, yang diharapkan menjadi momentm pelaksanaan digitalisasi sektor tersebut.

“Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 secara virtual akan menampilkan berbagai jenis produk unggulan dan potensial ekspor serta menunjang pariwisata daerah,” tuturnya.

Termasuk pula on boarding UMKM, pengembangan UMKM dan diharapkan dapat menghubungkan para pegiat usaha tersebut dengan lembaga keuangan.

Baca Juga: Bantu Kembangkan UMKM, IMA Datangkan Trainer Google School Indonesia

Pelaksanaan expo UMKM secara virtual itu juga dilakukan untuk menyukseskan Gernas BBI dengan menampilkan UMKM champion mitra dan binaan serta UMKM potensial dengan agregator oleh Koperasi Usaha Karya Bersama.

“Bank Indonesia berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalsel mengumpulkan database UMKM champion dan potensial untuk bergabung dengan landing page marketplace Blibli.com,” tambahnya lagi.