Find Us On Social Media :
Kasus Positif Covid-19 Pada Kalangan Anak-anak di Sumsel Hanya 5-10 Persen (Smart FM Palembang)

Kasus Positif Covid-19 Pada Kalangan Anak-anak di Sumsel Hanya 5-10 Persen

Fernado Oktareza - Minggu, 27 September 2020 | 00:10 WIB

Palembang, Sonora.ID – Ahli Mikrobiologi, Prof. Dr. dr. Yuwono M.Biomed mengungkapkan hingga kini persentase kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan pada kalangan anak-anak berada pada kisaran 5 hingga 10 persen.

“Anak-anak yang dimaksud disini adalah mereka yang berusia 1-18 tahun. Jadi berdasarkan data, dari 5400 penderita Covid-19 di Sumsel, penderita di kalangan anak-anak hanya sekitar 300an atau hanya 5 persen saja,” katanya kapada Smart Fm Palembang, Sabtu (26/09).

Yuwono melanjutkan, sedangkan resiko jatuh sakit hingga meninggal dunia dengan Covid-19 untuk kalangan anak-anak berada pada kisaran 0,4 persen.

Baca Juga: Dinkes Kalbar Umumkan 34 Kasus Positif Covid-19 Terbaru

“Artinya tingkat jatuh sakit hingga kematian akibat Covid-19 sangat kecil, kecuali jika anak-anak tersebut mempunyai kelainan genetik dan sebagainya,” lanjutnya.

Meskipun begitu, ia tetap mengimbau kepada orang tua supaya tetap mengawasi berbagai aktivitas yang dilakukan oleh anak-anak meskipun resiko yang dijelaskan tadi terbilang rendah.

Selain itu, Yuwono menjelaskan hingga kini belum ada bukti yang menjelaskan bahwa seseorang bisa meninggal secara langsung “karena” Covid-19, melainkan seseorang tersebut meninggal “dengan” Covid-19.

“Jadi masyarakat perlu memahami ini, tidak ada orang yang meninggal secara langsung karena Covid-19, tetapi sebutannya seseorang tersebut meninggal dengan Covid-19. Maka dari itu, dapat saya pertegas bahwa semua orang beresiko tertular Covid-19, tetapi tidak semua orang bisa beresiko sakit berat hingga meninggal akibat Covid-19,” tutupnya.

Baca Juga: Terus Pantau Kasus Narkoba 300 Kg, Suripno Sumas Minta Pelaku Dihukum Berat