Find Us On Social Media :
DPP-KB Kota Palembang Sebut Alat Kontrasepsi IUD Paling Digemari ()

DPP-KB Kota Palembang Sebut Alat Kontrasepsi IUD Paling Digemari

Jati Sasongko - Kamis, 5 November 2020 | 20:19 WIB

Palembang, Sonora.ID - Kabid Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Kota Palembang, Hj, Siti Fauziah, SKM, M.Kes dalam acara Live Talkshow (11/5/2020) mengatakan bahwa alat kontrasepsi yang paling digemari saat ini adalah berjenis IUD atau inplant, hal ini karena memiliki rentang waktu yang lama, serta tidak mengandung hormon.

“ spare waktunya lebih lama dibanding suntik, IUD bisa sampai 6 tahun, tidak mengandung hormon sehingga efek efek negative, seperti kenaikan berat badan, mual, timbul flak tidak ada jadi lebih disukai,” ujarnya.

Ia menambahkan alat kontrasepsi berjenis ini tetap memerlukan penggantian agar optimal.

“ 6 tahun sekali diganti agar optimal, untuk pemasangan atau penggantian perlu berkordinasi, ada 167 bidan yang sudah MOU dengan kita, dan ada 209 faskes yang sudah terdaftar, bisa kebidan atau ke puskesmas,” ujarnya.

Baca Juga: Mosi Tidak Percaya Jadi Alasan Supian HK Tak Temui Pengunjuk Rasa

Ia mengatakan untuk vasektomi masih sedikit karena ada anggapan bahwa kaum lelaki yang vasektomi tidak macho.

“ padahal membantu istri, ada wanita yang tidak bisa ber KB, peran suami agar istri sehat dan tidak nambah anak,” ujarnya.

Ia menmbahkan dari data sampai bulan September 2019 sebanyak 46 orang yang ikut vasektomi.

“ manfaatnya aman, baik suami maupun istri, bila tidak ada keinginan lagi punya anak, jalan terbaik adalah vasektomi,” ujarnya.

Ia mengatakan disituasi saat ini yang semakin sulit, pasangan yang sudah maupun akan menikah perlu merencanakan kehamilan agar tercipta keluarga yang berkualitas.

“ harus 10 kali lipat lebih cerdas, agar masa depan anak dan keluarga terjaga,” tuturnya.

Baca Juga: Wajib Tau, 5 Kemampuan Ini Sangat Yang Dibutuhkan di Era 5.0