Find Us On Social Media :
(kiri ke kanan) Sesha Uli (Sonora Jakarta), Basuki dan Andre (Sonora Surabaya) saat siaran bersama dalam acara Pesona Indonesia secara virtual, Jumat (06/08/2021) (Koleksi pribadi)

Sambut Ultah ke-49, Sonora Surabaya Siaran Bareng Dalam Pesona Indonesia

Budi Santoso - Jumat, 6 Agustus 2021 | 20:20 WIB

Surabaya, Sonora.ID  "Piye kabare rek, Sahabat Sonora kabeh, mugo tetep sehat, seger waras, tetep semangat. Ketemu maneh lur, bareng Sonora Surabaya nang acara Siaran Bareng Pesona Indonesia, Spesial Ulang Tahune Sonora Network, sing ke patang poloh songo. Sebarkan Semangat, Rangkai Kebaikan, lak ngono jeh," sapa Andre penyiar Sonora Surabaya, Jumat (06/08/2021).

Sapaan khas logat 'Suroboyoan' itu disampaikan saat host acara, Sesha Uli dari Sonora Jakarta meminta sapaan dengan bahasa daerah Jawa Timur atau Surabaya.

Rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Radio Sonora Network pada 8 Agustus diantaranya melalui program Siaran Bersama di acara Pesona Indonesia yang hadir sejak tanggal 2 hingga 7 Agustus 2021. Bersama 12 Radio Sonora di berbagai kota mulai pukul 14.00-16.00 WIB secara bergantian

Sonora Surabaya mendapat giliran pada sesi pertama selama 60 menit pada hari Jumat (06/08) dan kemudian Sonora Bali pada 60 menit selanjutnya. Lagu Semanggi Suroboyo dipilih menjadi lagu pembuka dan pengiring untuk Sonora Surabaya.

"Tuku banyu karo srikoyo, moleh ne numpak sepor wijoyo. Saiki hari jadi Sonora papat songo, mandar mugo tambah joyo," sambung Andre saat menyampaikan ucapan ultah ke-49 untuk Sonora Network.

Baca Juga: Sasar Pelajar SMA Sederajat, Gubernur Jatim Canangkan Vaksinasi Serentak

Selain melalui siaran teresterial (free to air), program Siaran Bersama ini juga dihadirkan melalui virtual via Zoom dan Youtube secara langsung (live), dan di transmisi secara digital melalui satelit MNC Vision saluran 506 sehingga bisa didengar dimanpun dengan bermacam gawai (device).

Sonora Surabaya dalam acara ini juga menghadirkan sosok Untung Basuki dari divisi Admin and Event untuk berbagi cerita dan pengalaman yang sudah 26 tahun berkarya di Sonora Surabaya.

"Sonora Surabaya itu berdiri tanggal 15 Desember 1967 yang sebelumnya bernama Radio Salvatore. Pendirinya profesor WF. Maramis yang awalnya (studio) ada di kampus Widya Mandala jalan Dinoyo, dan selanjutnya pindah ke jalan Embong Tanjung No.8 Surabaya," kenang Basuki saat siaran bersama, Jumat (06/08).

"Sampai tahun 1995, saya gabung (kerja) di Salvatore yang saat itu sudah bergabung dengan Sonora Jakarta. Masih AM 1458 (Khz). Setelah itu kita bangun studio di Darmo Permai Utara No.74-80. Awalnya hanya dua ruko, 74 dan 76. Akhirnya pihak manajemen Jakarta minta tempat parkir di belakang, akhirnya beli lahan lagi di ruko No. 78 dan 80, sehingga menjadi empat ruko," urai Cak Bas, sapaan akrab Basuki.

"Awal pertama kali on air di FM tanggal 30 November 1996, dengan siaran percobaan bersama Pak Jakob, Mas Joni dan Mas Ade. Bisa on air pada frekwensi FM 97,75 (Mhz), dengan sapaan 'Pecinta Salvatore' pada saat itu, dengan format musik dan informasi. Call sign berubah sejak 15 Desember 2002 jadi 'Sahabat Sonora' dan selanjutnya ada pengaturan frekwensi radio, jadi FM 98,0 karena penataan ulang pemerintah saat tahun 2004 dari 97,75 FM," lanjutnya.

Baca Juga: Pasien Dengan Gejala Ringan Covid-19 Mulai Gunakan Rumah Sehat