Find Us On Social Media :
Kadinkes Banjarmasin, Machli Riyadi (Smart FM Banjarmasin / Juma)

Iuran 'Aneh' HKN Ke-57, Kadinkes Banjarmasin Sebut Itu Fitnah?

Jumahudin - Senin, 15 November 2021 | 14:45 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi akhirnya angkat bicara mengenai iuran untuk gelaran Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-57.

Sebelumnya diberitakan, Dinkes melalui Panitia Pelaksana HKN melayangkan sebuah surat iuran yang ditandatangani oleh Machli Riyadi sebagai kadinkes dan Ketua Panitia Pelaksana HKN. Lengkap dengan nominal besaran iuran

Dalam surat itu, memberitahukan bahwa ada ragam kegiatan dalam HKN. Diantaranya, memberikan penghargaan kepada pejuang yang telah berkorban untuk penanganan pandemi, serta pejuang vaksinasi COVID-19 guna terwujudnya herd immunity atau kekebalan kelompok. 

Untuk itu, Panitia HKN Kota Banjarmasin memohon kepada seluruh rumah sakit swasta, klinik dan laboratorium, profesi kesehatan, apotek, serta praktisi kesehatan se-Kota Banjarmasin untuk dapat berpartisipasi serta mengumpulkan iuran untuk kesuksesan acara HKN

Menanggapi surat edaran itu, Machli berdalih  bahwa itu adalah sebuah proposal san nominal yang tertera itu adalah yang ditargetkan pihak panitia.

"Proposal yang disampaikan oleh panitia ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada. Itu sifatnya proposal. Kemudian, mereka menyumbang. Ada yang berupa barang ada yang berupa duit. Jadi tidak semuanya. Tidak ada yang sifatnya mewajibkan. Tidak ada," kilahnya, saat dikonfirmasi Smart FM Banjarmasin, Senin (15/11) pagi.

Baca Juga: Daerah Ketiban Bencana Akibat Tambang, KAKI Kalsel Kritisi UU Minerba