Find Us On Social Media :
Musrenbang Pertanian Tingkat Provinsi Kalsel Tahun Anggaran 2023 (Smart Banjarmasin/Razie)

Musrembang Pertanian Kalsel 2023, Pengembangan Kopi Masuk Prioritas

Fakhrurazi - Rabu, 30 Maret 2022 | 17:30 WIB

Banjarbaru, Sonora.ID – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), Roy Rizali Anwar meminta adanya skala prioritas di sector perkebunan dan peternakan yang akan dikembangkan di provinsi ini.

Pemintaan itu disampaikannya, usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Tingkat Provinsi Kalsel Tahun Anggaran 2023 Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, pada Senin (28/03) sore, mewakili gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

"Sesuai arahan Pak Gubernur, ada prioritas yang memang harus ditonjolkan. Jangan semua jadi prioritas, tapi ada yang paling prioritas," ujar Roy.

Dia mengungkapkan, untuk di perkebunan, tiga sektor yang menjadi prioritas ialah sawit, karet dan kopi. "Sedangkan untuk peternakan, yakni sapi, kambing, dan itik," ungkapnya.

Menurut Roy, tiga prioritas di perkebunan dan peternakan tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disusun Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel.

Dia berharap, ke depan melalui enam sektor prioritas di perkebunan dan peternakan, Pemprov Kalsel bisa benar-benar fokus.

"Kemudian kolaborasi antara pemprov, kabupaten, kota, pusat dan sektor swasta saling mendukung. Sehingga hasilnya bisa kita rasakan secepat mungkin," harapnya.

Di sektor peternakan, dia menyebut, Pemprov Kalsel menargetkan swasembada daging sapi pada 2024.

"Kemudian permasalahan di sawit, terkait produktivitas, bibit yang tidak bersertifikat, pengelolaan lahan yang kurang sempurna dapat kita benahi secara bertahap," sebutnya.

Baca Juga: Musrembang RKPD, Ini Prioritas Pembangunan Kota Makassar 2023