Find Us On Social Media :
500 Anak SDK Frater Xaverius 2 Palembang Mendapat Imuniasi Campak - Rubella ()

500 Anak SDK Frater Xaverius 2 Palembang Mendapat Imuniasi Campak - Rubella

Jati Sasongko - Kamis, 9 Juni 2022 | 11:39 WIB

Palembang, Sonora.ID – Hari ini Rabu (08/06/2022) Puskesmas Dempo Palembang menggelar kegiatan Imunisasi CampakRubella di SDK Frater Xaverius 2 Palembang.

Rika Aryani, Am.Keb, Koordinator Imunisasi Puskesmas Dempo Palembang kepada Sonora menjelaskan kegiatan ini dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional, yaitu bulan Mei dan Juni dan berlaku juga di Sumsel.

“ Hari ini ada kurang lebih 500 hingga 600 anak yang mendapat imunisasi campakrubella di SD Xaverius 2 Palembang,” ujarnya.

Ia menjelaskan dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional ada dua sasaran. Pertama imunisasi campak- rubella untuk anak usia 5 – 12 tahun, kedua imunisasi campak-rubella untuk anak usia 9 bulan – 5 tahun ditambah imunisasi rutin lainnya untuk mengejar ketertinggalan imunisasi mereka sebelumnya.

Bisa berupa campak-rubella ditambah DPT, Campak-rubella ditambah polio oral atau campak-rubella ditambah polio suntik.

Baca Juga: Jarot Sukseskan Vaksinasi dan Imunisasi Anak Bersama IIDI di Sintang

“Imunisasi campak-rubella yang diberikan tidak memandang status imunisasi sebelumnya, artinya semua anak harus diberikan campak-rubella. Yang belum lengkap status imunisasinya akan melengkapi dan yang sudah lengkap akan menjadi booster kekebalan tubuh mereka,” tukasnya.

Ia menambahkan kipi (Kejadian ikutan pasca imunisasi) vaksinasi campak-rubella minim sekali bahkan bayi 9 bulan pun tanpa keluhan seperti demam, hanya nyeri ditempat vaksiniasi.

“ orang tua dapat mengkompress air hangat dan memperbanyak minum air putih untuk meredakan rasa nyeri,” tukasnya.

Imunisasi campak-rubella penting dalam rangka mencapai kekebalan populasi tinggi dan merata untuk mencegah terjadinya KLB PD3I.

“ Pemberian imunisasi rutin setiap agustus dan November. Agustus untuk anak sekolah kelas 1 SD dengan imunisasi campak-rubella. November imunisasi dipteri tetanus atau tetanus dipteri untuk kelas 1, 2 dan 5,” tutupnya.

Baca Juga: Jarot Sukseskan Vaksinasi dan Imunisasi Anak Bersama IIDI di Sintang