Find Us On Social Media :
GM PLN UID Disjaya Doddy B Pangaribuan saat memberikan keterangan soal kesiapan PLN hadapi meningkatnya ekosistem mobil listrik di Jakarta, Kamis (23/6/22) (Humas PLN)

Doddy B Pangaribuan: Cadangan Listrik DKI Jakarta Melimpah Untuk Kebutuhan Mobil Listrik

Jumar Sudiyana - Jumat, 24 Juni 2022 | 13:06 WIB

Kuningan, Sonora.Id - Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) kini mulai merambah dan terus menjadi incaran para pencinta otomotif di Tanah Air, khususnya di Ibukota DKI Jakarta.

PT PLN (Persero) terus mendukung pemerintah dalam meningkatkan jumlah pengguna mobil listrik di Indonesia. PLN UID Jakarta Raya terus melakukan upaya penguatan pasokan listrik wilayah Jakarta dan sekitarnya menjadi program utama yang dilakukan PLN UID Jakarta Raya.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menjelaskan, saat ini beban puncak listrik di wilayah DKI Jakarta mencapai 5.300 Mega Wat (MW). Sementara total kapasitas tersedia mencapai 8.000 MW.

Hal tersebut disampaikan Doddy saat mengunjungi GITET (Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi) di desa Mandirancan, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (23/6/22)

"Maka dari itu, kita masih punya cadangan sekitar 3.000 MW. Cadangan listrik sebanyak itu sanggup untuk mengecas lebih dari satu juta kendaraan listrik," kata Doddy.

Doddy menambahkan, saat ini pengguna mobil listrik di DKI Jakarta terus meningkat. Pihaknya terus mengapresiasi apa yang dilakukan oleh produsen kendaraan yang terus menghadirkan inovasi dan jenis baru mobil listrik.

Saat ini, DKI Jakarta menjadi salah satu kota dengan kualitas udara sangat buruk di dunia. Oleh karena itu, penggunaan mobil listrik ini menjadi salah satu cara dalam mengurangi emisi dan polusi udara.

"Mobil listrik ini solusi kendalikan emisi, dan ini menjadi mobil masa depan. Kita sedikit terkejut memang dengan muncul jenis baru mobil listrik, pengguna mobil listrik langsung melesat," ungkap pria lulusan ITB tersebut.

Dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Jakarta, PLN menambah dua stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Jakarta.

Seperti diketahui SPKLU yang yang dibangun mandiri oleh PLN secara bertahap saat ini sudah terpasang 129 unit hingga Mei 2022, dan sampai bulan Desember 2022 nanti ada tambahan 40 SPKLU secara nasional.

"Sekarang dari Jakarta ke Bali sudah tersedia SPKLU. Bagi masyarakat yang melakukan dari Jakarta ke Bali naik kendaraan listrik tidak perlu khawatir lagi, karena sudah tersedia SPKLU di sepanjang jalan seperti di rest area KM 207 Tol Palikanci,Tol Batang hingga Tol Probolinggo" tutup Doddy.