Find Us On Social Media :
Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai Dasar Pancasila Lengkap! (Tribun Jogja)

59 Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai Dasar Pancasila Lengkap!

Syahidah Izzata Sabiila - Selasa, 20 September 2022 | 09:45 WIB

Sonora.ID - Ketahui inilah beberapa contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar pancasila yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila merupakan dasar negara yang mengandung nilai-nilai luhur bagi bangsa Indonesia. Nilai inilah yang perlu diwujudkan oleh setiap masyarakat.

Ada lima nilai dari sila Pancasila yang harus diwujudkan, yaitu nilai ketuhanan, kemanusiaaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan.

Berikut contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar pancasila dikutip dari Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila sebagai berikut.

1. Nilai Ketuhanan

Di sila pertama, nilai pancasila yang terkandung adalah nilai ketuhanan. Sebagai warga negara ada beberapa contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar pancasila yang pertama yaitu:

2. Nilai Kemanusiaan

Di sila kedua, nilai pancasila yang terkandung adalah nilai kemanusiaan. Setiap warga negara Indonesia memiliki kedudukan yang sama di mata negara tanpa membedakan suku maupun agama.

Adapun contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar pancasila pada nilai kemanusiaan antara lain:

Baca Juga: Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pancasila dari Sila 1 sampai 5


3. Nilai Persatuan

Di sila ketiga, nilai pancasila yang terkandung adalah nilai persatuan. Adapun contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar pancasila pada nilai persatuan yaitu:


4. Nilai Kerakyatan

Di sila keempat, nilai pancasila yang terkandung adalah nilai kerakyatan. Sila ini berhubungan dengan perilaku kita untuk selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah.

Makna yang terkandung adalah bahwa bangsa Indonesia memiliki prinsip-prinsip demokrasi yang bersumber dari nilai-nilai pendidikan karakter bangsa serta tata cara kehidupan bangsa.

Adapun contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar pancasila pada nilai kerakyatan yaitu:


5. Nilai Keadilan

Di sila kelima, nilai pancasila yang terkandung adalah nilai keadilan. Keadilan secara sosial sangat berpengaru terhadap kehidupan bermasyarakat yang tentunya akan membantu kesetaraan dalam kehidupan sosial.

Adapun contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar pancasila pada nilai keadilan yaitu:

Demikian beberapa contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar pancasila. Semoga bermanfaat.