Find Us On Social Media :
Ilustrasi prediksi cuaca Jakarta pada Selasa (27/9/2022). (freepik/wayhomestudio)

Sedia Payung, Mayoritas Wilayah DKI Jakarta Diprediksi Hujan

Paramayudha Adikara - Selasa, 27 September 2022 | 11:25 WIB

Sonora.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, mayoritas wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada siang hingga malam hari.

Sementara itu Air Quality Index (AQI) di wilayah DKI Jakarta, pada pantauan pagi ini (27/9/22) sekitar pukul 08.48 WIB masih berada dalam kategori sedang.  

Prediksi cuaca di Jakarta Barat, pada siang dan dini hari cerah berawan, pada malam hari berawan, dengan suhu rata-rata wilayah berkisar 25-32°C, dan kelembapan rata-rata wilayah 50-85%. 

Jakarta Pusat pada malam hari diprediksi hujan ringan, sementara itu pada siang dan dini hari diprediksi cerah berawan, dengan suhu rata-rata wilayah 26-32°C, dan kelembapan rata-rata wilayah berkisar 65-90%.  

Baca Juga: Kapan PPKM Dicabut? Ini Penjelasan Satgas Covid-19

Jakarta Selatan dari siang hingga malam hari diprediksikan hujan ringan, dan pada dini hari cerah berawan, dengan suhu rata-rata berkisar 25-32°C, dan kelembapan rata-rata wilayah 55-90%.  

Sama halnya dengan Jakarta Selatan, wilayah Jakarta Timur diprediksikan hujan ringan dari siang hingga malam hari, sementara itu pada dini hari diprediksi cerah berawan.

Suhu rata-rata di wilayah Jakarta Timur pun diprediksi sama dengan Jakarta Selatan, dengan suhu rata-rata 24-32°C, dan kelembapan wilayah 55-90%.  

Jakarta Utara, pada hari ini diprediksi cerah berawan pada siang dan dini hari, namun diprediksi hujan ringan pada malam hari, dengan suhu rata-rata berkisar 26-32°C, dan kelembapan rata-rata 65-90%.  

Untuk wilayah Kepulauan Seribu, pada siang hari diprediksikan cerah, sementara dari malam hingga dini hari diprediksi cerah berawan tanpa hujan.

Suhu rata-rata di wilayah Kepulauan Seribu diprediksi 27-32°C, dan kelembapan rata-ratanya 70-85%.

Kualitas Udara DKI Jakarta 

Dilansir oleh situs IQAir, kualitas udara di wilayah DKI Jakarta pada hari ini (27/9; pukul 09.01 WIB) masuk dalam kategori sedang, dengan nilai AQI 63.

Sementara itu tingkat PM 2.5 di wilayah DKI Jakarta berada di level 18µg/m³, atau 3,6 kali lebih tinggi dari standar WHO. 

“Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 3.6 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO,” tertulis dalam situs www.iqair.com, Selasa (27/9/2022). 

Baca Juga: Begini Cara Bayar Paspor lewat M-Banking, E-Commerce dan Kanal Lainnya

Dari pantauan di situs IQAir, terlihat kualitas udara yang mengacu pada tingkat AQI di wilayah DKI Jakarta mengalami tren perbaikan selama seminggu ini, dihitung dari tanggal 20 September 2022 yang lalu. 

Pada 29 September lalu, tingkat AQI di DKI Jakarta mencapai level 142, atau masuk dalam kategori ‘Tidak Sehat Bagi Kelompok Sensitif’, dan tingkat AQI selama sepekan ini sempat mencapai level 152 pada tanggal 22 September 2022, atau dalam artian, masuk dalam kategori ‘Tidak Sehat’, dan pada hari kemarin tingkat AQI di DKI Jakarta kembali menunjukan perbaikan dengan turun ke level 108.