Find Us On Social Media :
Ilustrasi contoh kalimat tanggapan (unsplash.com)

15 Contoh Kalimat Tanggapan, Materi Kelas 3 SD

Gema Buana Dwi Saputra - Selasa, 1 November 2022 | 13:50 WIB

Sonora.ID - Melalui artikel kali ini, teman-teman akan mempelajari contoh kalimat tanggapan yang digunakan untuk memberikan respon terhadap suatu perintah.

Dilansir dari laman Bobo, teks tanggapan merupakan suatu teks yang berisikan komentar atau evaluasi terhadap suatu perintah yang dilakukan oleh seseorang.

Ketika memberikan tanggapan, setiap orang akan memiliki respon yang berbeda satu sama lain karena hal tersebut dipengaruhi oleh pengalaman atau ideologi masing-masing.

Sehingga dapat diartikan bahwa teks ini merupakan sebuah bentuk gagasan, pikiran, atau ide tentang suatu peristiwa yang terjadi sehari-hari.

Untuk lebih mengerti tentang materi ini, teman-teman dapat menyimak 15 contoh kalimat tanggapan berikut ini yang sudah Sonora ID rangkum dari berbagai sumber.

1. Tanggapan Evaluasi

Baca Juga: Contoh Kalimat Ajakan dalam Bahasa Indonesia yang Paling Lengkap

2. Tanggapan Deskripsi Teks

3. Tanggapan Penegasan Ulang

Baca Juga: 25+ Contoh Kalimat Kritik dalam Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Ciri-ciri Kalimat Tanggapan

Teman-teman dapat mengetahui secara mendalam tentang tanggapan melalui ketiga ciri-ciri yang dimiliki oleh jenis kalimat ini, yaitu:

  1. Tanggapan harus memuat semua respon terhadap suatu fenomena yang disertai dengan alasan kuat
  2. Memiliki tiga struktur yang harus diikuti jika ingin membuat tanggapan, yaitu: a) evaluasi, b) deskripsi teks, dan c) penegasan ulang
  3. Menggunakan tata bahasa yang baik dan sopan karena tanggapan merupakan tanggung jawab seseorang dalam menyampaikan opini

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.