Find Us On Social Media :
Contoh Kalimat Sanggahan: Pengertian dan Ciri-Cirinya (pixabay)

Contoh Kalimat Sanggahan: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Jumat, 11 November 2022 | 19:55 WIB

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja contoh kalimat sanggahan yang lengkap dengan pengertian dan juga ciri-cirinya.

Mungkin bagi sebagian besar orang diluar sana tak asing dengan namanya kalimat tanya.

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud dengan kalimat sanggahan adalah sebuah kalimat sebagai bantahan, pendapat lain atas suatu pendapat (prasaran dan sebagainya).

Sedangkan jika menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilansir dari kompas.com, pengertian kalimat sanggahan adalah ungkapan penolakan terhadap suatu ide atau pendapat dengan menyertakan argumen dan alasan yang mendukung penolakan tersebut.

Baca Juga: Contoh Kalimat Permintaan Tolong serta Ungkapan Untuk Berterima Kasih

Ada juga orang yang mengartikan kalimat sanggahan sebagai respon argumen tim lawan. Sanggahan dalam debat guna membuktukan bahwa argumen tim lawan tidak sepenting yang mereka kemukakan.

Lantas apa saja contoh kalimat sanggahan yang lengkap dengan pengertian dan juga ciri-cirinya tersebut? Dilansir dari kompas.com, simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: 24 Contoh Kalimat Future Perfect Tense, Lengkap dengan Struktur dan Arti

Ciri-Ciri Kalimat Sanggahan

Menurut Fegy Lestari dalam bukunya yang berjudul Debat: Berfikir Kritis, Berwawasan Luas, Persuasif, Argumentatif (2018). Berikur ciri-ciri kalimat sanggahan:

Baca Juga: 24 Contoh Kalimat Future Perfect Tense, Lengkap dengan Struktur dan Arti

Contoh kalimat sanggahan 

Berikut beberapa contoh kalimat sanggahan yang bisa disampaikan, yakni: