Find Us On Social Media :
Illustrasi Boba ()

Ternyata Membuat Boba Simpel, Hanya dengan Tiga Bahan ini 

Jati Sasongko - Senin, 3 April 2023 | 15:35 WIB

Palembang, Sonora.ID – Siapa yang tidak tahu boba, topping minuman kekinian yang sempat viral.

Teksturnya yang kenyal dan lezat bisa dicampurkan dengan berbagai macam minuman.

Cg Evi A - Chef , Founder & Ketua  Arbys Baking & Cooking Class kepada sonora (2/04/2023) mengatakan membuat boba cukup simpel hanya menggunakan tiga bahan yaitu tapioca, agar-agar dan air mendidih.

“ Membuat boba cukup simpel. Bahannya dari tapioca atau sagu, agar-agar bisa nutrijel yang warna cokelat, bila tidak ada rasa cokelat, bisa ditambahkan cokelat bubuk. Pengaduknya air mendidih. Bahan tadi di aduk dan dibentuk bulat-bulat seperti boba atau dipotong-potong. Bisa dicelor langsung dengan air panas. Untuk perendamnya menggunakan air gula aren, kemudian simpan dalam lemari es,” ujarnya.

Baca Juga: Hindari Ketagihan, Ini Tips Sehat Minum Boba Milk Tea ala Dokter!

Setelah boba jadi, bisa langsung dibuat aneka minuman, topping dessert, pudding atau cake. Satu sacet agar-agar butuh 1 ons tepung tapioca.

Cokelat bubuk gunanya untuk memberi warna cokelat pada boba, jumlahnya satu sendok makan. Bila agar-agarnya sudah rasa cokelat tidak perlu ditambahkan cokelat bubuk.

Air mendidihnya sebanyak 100 – 120 mili. Semua bahan diaduk jadi satu, dipuntir-puntir, dibentuk bulatan kecil-kecil.

Sesudah masak ditiriskan dan direndam air gula aren atau gula batok, lalu ditambahkan gula pasir dan dibuat toping-toping.

Untuk minumannya bisa menggunakan santan seperti es cendol.

“ belajar resep makanan sekarang bisa dari mana saja. tetap semangat jangan takut gagal mencoba. Resep yang berhasil bisa dipakai untuk keluarga ataupun bakulan,” tutupnya.

Baca Juga: Jajanan Kekinian Menjamur, Ternyata Boba hingga Kopi Susu Bisa Sebabkan Kematian, Masih Berani Minum?