Find Us On Social Media :
Saat ujicoba lokomotif di petak jalur Cicalengka - Haurpugur pasca-kecelakaan, Sabtu (6/1/2024). (Dok. Humas Daop 2 Bdg)

Evakuasi Gerbong Kereta Berhasil, Jalur KA Cicalengka-Haurpugur Kembali Normal

Indra Gunawan - Sabtu, 6 Januari 2024 | 11:57 WIB
 
Bandung, Sonora.ID - Kerja keras para petugas Kereta Api (KA) dalam mengevakuasi gerbong KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya akhirnya membuahkan hasil.
 
Jalur KA di KM 181+700 petak antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka dapat kembali dinormalisasi pada Sabtu (6/1/2024) pukul 6.30 WIB, dan sudah dilakukan ujicoba oleh dua lokomotif di jalur tersebut pada pukul 7.28 WIB dengan kecepatan 5 KM/Jam.
 
"Alhamdulillah, evakuasi terhadap eks rangkaian KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya telah berhasil dilakukan, dan sudah dinyatakan aman oleh tim jalan dan jembatan dari Daop 2 Bandung," ucap Manager Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi saat dikonfirmasi, Sabtu (6/1/2024).
 
"Sudah juga dilakukan ujicoba oleh 2 lokomotif dengan kecepatan rendah, hanya 5 KM/jam," kata Ayep.
 
Pasca kecelakaan, lanjut Ayep, jalur KA ini rusak karena ada beberapa bantalan beton yang pecah, begitu juga dengan penambat rel yang rusak dan harus pula dilakukan perbaikan geometrik jalan rel.
 
"Semua sudah diperbaiki dari sejak dinihari tadi, tapi tetap dengan kecepatan terbatas saat melintas di jalur ini," jelas Ayep.
 
Daop 2 Bandung mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders yang telah berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menuntaskan proses evakuasi sehingga jalur dapat kembali normal. 
 
"Sekali lagi kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan KA yang terganggu perjalanannya akibat kejadian yang terjadi di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka," kata Ayep.
 
Baca Juga: KAI Gerak Cepat Telusuri Penyebab Kecelakaan KA Turangga & Bandung Raya
 
Berikut jadwal keberangkatan KA Jarak Jauh Daop 2 Bandung ke arah timur:
 
KA Keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong ke arah Timur
KA Keberangkatan dari Stasiun Bandung ke arah Timur
Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.