Find Us On Social Media :
Tradisi menukar uang baru jelang lebaran. (kompas.com)

Dimulai 1 April 2024, Ini Beberapa Lokasi Penukaran Uang di Kota Solo

Ria FM Solo - Senin, 1 April 2024 | 14:10 WIB

Solo, Sonora.ID - Mendekati lebaran 2024, tradisi menukar uang baru untuk diberikan sebagai angpau saat lebaran tiba masih melekat dalam mayarakat Indonesia.

Untuk meminimalisir penukaran uang melalui jasa tukar uang jalanan yang sedang marak menjelang lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo menyiapkan 93 titik penukaran uang di wilayah Soloraya.

Dengan begitu, antrean tidak terfokus hanya di satu lokasi tertentu.

Pelayanan penukaran uang ini tersedia di berbagai loket bank umum di wilayah Soloraya dari tanggal 1 hingga 5 April 2024. Persyaratan untuk melakukan penukaran ini hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan uang tunai yang akan ditukarkan.

Satu KTP hanya dapat digunakan untuk satu kali penukaran. Paket penukaran per orang sejumlah Rp3.700.000 dengan rincian pecahan uang sebesar Rp20.000 senilai Rp2 juta, pecahan Rp10.000 senilai Rp1 juta, pecahan Rp5.000 senilai Rp500.000, dan pecahan Rp2.000 senilai Rp200.000.

Baca Juga: Besaran Zakat Fitrah 2024 Uang untuk Sejumlah Daerah di Indonesia

Tidak seperti penukaran uang di perbankan yang minim resiko, penggunaan layanan penukaran uang di jalanan tentunya akan membawa resiko yang lebih besar. Selain biaya jasa yang harus dibayar, terdapat resiko lain yang juga perlu diperhatikan. Misalnya, resiko terjadinya kesalahan dalam jumlah uang yang ditukar dan resiko menerima uang palsu.

Berikut ini adalah lokasi penukaran uang baru di wilayah Solo :

Penulis : Kharissa Herawati

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News