Berhubungan Seks Saat Istri Sedang Hamil, Berbahayakah untuk Janin?

8 Oktober 2019 15:00 WIB
illustrasi bercumbu
illustrasi bercumbu ( unplash)

Sonora.ID - Pasangan suami istri seringkali merasa khawatir saat melakukan hubungan seksual ketika sang istri dalam keadaan hamil. Mereka cenderung mengkhawatirkan kesehatan bayi saat melakukan aktivitas seksual.

Banyak asumsi yang beredar di masyarakat yang menyatakan hubungan seksual saat sang istri hamil sangat berbahaya. Mereka percaya sang janin bisa meninggal dalam kandungan atau bahkan terlahir prematur.

Baca Juga: Makanan Apa saja yang Perlu Dikonsumsi untuk Menjaga Tulang dan Sendi?

Ingin meminimalisir kemungkinan terburuk yang dapat terjadi, salah satu pendengar Radio Sonora dari Tambora, menanyakan tentang berhubungan seksual saat istri sedang hamil pada dr. Binsar Martin Sinaga dalam program Sex in the City di Radio Sonora.

“Dok kalau lagi hamil tadi penjelasan dokter kan istri sulit untuk orgasme, jadi apakah sperma ini bahaya nantinya jika dikeluarkan didalam dok. Apakah berpengaruh pada janin yang dikandung istri dok?"

Pertanyaan tersebut langsung ditanggapi oleh dr. Binsar Martin Sinaga, medical sexologist sekaligus narasumber program Sex In The City.

Baca Juga: Apakah Olahraga saja bisa Menyebabkan Pembesaran Badan pada Pria?

Ia menjawab, jadi tidak berbahaya pada janin namun bisa jadi berbahaya pada rahim sang istri sendiri. Jika penetrasi dilakukan terlalu dalam maka cairan sperma itu akan mengenai mulut rahim.

Jika cairan sperma sampai mengenai mulut rahim maka efek yang ditimbulkan adalah kontraksi dini pada mulut rahim.

Sperma sendiri mengandung suatu zat yang dapat menyebabkan reaksi sensitif pada mulut rahim. Cairan semen pada sperma memiliki sebuah enzim yang bernama prostatglandin.

Baca Juga: Makanan Apa saja yang Perlu Dikonsumsi untuk Menjaga Tulang dan Sendi?

Hormone prostat glandin ini akan membuat sang ibu merasakan pengerasan atau pengencangan pada otot-otot mulut rahim.

Dr. Binsar menyarankan pasangan suami istri yang hendak melakukan hubungan suami istri dengan keadaan istri sedang hamil mengunakan pengaman.

Hal ini direkomendasikan agar cairan semen yang terkandung pada sperma tidak memasuki mulut rahim. Selain itu, hal ini juga dapat menjaga keselamatan sang ibu dari kontraksi dini pada mulut rahim.

Baca Juga: Hillary Ketua DPR Termuda, Resmi Memimpin Sidang DPR RI Pagi Ini

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.