Punya Masalah Keringat Berlebih? Berikut Penyebab dan Solusinya

30 Oktober 2019 13:44 WIB
Ilustrasi berkeringat
Ilustrasi berkeringat ( freepik)

Sonora.ID – Ketika kita memakan makanan pedas, berolahraga, atau berjalan dibawah sinar matahari, keringat dalam tubuh akan bercucuran dengan deras.

Menurut dr. Susanti dari Medical Center Kompas Gramedia, berkeringat saat memakan makanan pedas itu adalah hal normal dan sehat. Dr Susanti mengatakan keringat tiap orang itu berbeda-beda sesuai dengan keaktifan kelenjar keringat.

Kelenjar keringat pada kulit akan mengeluarkan keringat saat suhu tubuh naik, suhu tubuh perlu didinginkan ketika bekerja lebih keras.

Baca Juga: Cuaca Indonesia Panas, Berikut Tips Agar Anda Tidak Bekeringat Lebih

Berkeringat dapat terjadi saat kita berolahraga, demam, merasa cemas, ataupun stres. Selain konsumsi makanan pedas, minuman bersoda, minuman berkafein, dan beralkohol juga memicu keringat berlebih pada tubuh.

Namun, apabila keringat yang keluar lebih banyak dan sering kali terjadi tanpa sebab, mungkin ada masalah medis yang mendasari dan perlu diwaspadai.

Keringat berlebih disebut juga hiperhidrosis. Keadaan ini dapat menyebabkan rasa stres, malu, khawatir, dan tidak percaya diri saat bergaul.

Baca Juga: Musim Pancaroba Datang, Ikuti Cara Ini Agar Terhindar Dari Penyakit

Hiperhidrosis ini dibagi menjadi dua jenis, yakni

Hiperhidrosis lokal/primer

Keadaan ini biasanya hanya dialami pada suatu area tubuh. Kondisi ini bukan merupakan gejala penyakit tertentu. Diperkirakan, kondisi ini diakibatkan oleh kelainan minor pada sistem saraf atau penyakit turunan atau genetik.

Hiperdrosis umum/sekunder

Kondisi ini terjadi saat keringat keluar di seluruh tubuh, umumnya penderita kondisi ini berkeringat secara berlebihan pada malam hari. Hal ini bisa merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh beberapa penyakit seperti penyakit jantung, gangguan tiroid, diabetes, tuberkulosis, malaria, dan banyak lagi.

Baca Juga: Mandi Air Dingin Redakan Nyeri dan Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Mitos atau Fakta?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.