Mana yang Lebih Baik? Menggunakan Kartu Debit, Kredit, Atau Tunai?

18 Februari 2020 18:00 WIB
Mana yang lebih baik untuk digunakan? kartu kredit, debit, atau uang tunai?
Mana yang lebih baik untuk digunakan? kartu kredit, debit, atau uang tunai? ( Freepik)

Sonora.ID - Dalam mengelola masalah keuangan, tentunya kita harus memilih untuk menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau tunai setiap melakukan transaksi dengan bijak.

Lantas, mana yang lebih baik untuk belanja sehari-hari, menggunakan kartu kredit, debit, atau tunai?

Melansir CNBC, Selasa (18/2/2020), Rod Griffin Direktur senior pendidikan konsumen dan advokasi Experian mengatakan,  dalam menggunakan kartu kredit untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari, ada faktor yang perlu Anda pertimbangkan, antara lain:

Baca Juga: Cara Hitung Pajak Impor E-Commerce yang Berlaku sejak 30 Januari 2020

Kapan menggunakan kartu kredit?

Dengan semua fasilitas dan promo yang diberikan kartu kredit, menggunakan kartu kredit bisa menjadi keputusan yang sehat secara finansial.

Dengan kartu kredit, Anda mendapatkan beberapa manfaat yang tidak diperoleh dengan uang tunai atau kartu debit. Tetapi menggunakan kartu kredit juga bergantung pada kemampuan Anda.

“Pertanyaan yang selalu muncul seperti, 'Apakah kartu kredit sebagai sumber pendapatan tambahan?' Atau, 'Apakah kartu kredit sebagai cara untuk mengambil keuntungan dari peluang keuangan lainnya?,'" kata Rod.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Melalui Aplikasi TikTok? Simak Tips Berikut!

Ia mencontohkan, menggunakan kartu kredit saat pengisian bahan bakar atau belanja di supermarket, mungkin bisa mendapat poin. Namun tentunya Anda harus bergegas untuk melunasi tagihan tersebut pada akhir bulan.

Jika terlambat, Anda justru akan mendapatkan beban baru akibat bunga.

"Jika Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat keuangan dan tidak mengambil utang, itu bisa menjadi keputusan yang menguntungkan secara finansial," sebutnya.

Baca Juga: Wajib Baca! Terapkan 4 Gaya Hidup Ini Agar Kamu Lebih Kaya di 2020

Selama Anda membayar tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulan (dengan demikian Anda tidak membayar bunga atau biaya tambahan), maka Anda memanfaatkan kartu kredit sebagai alat untuk membantu finansial Anda menjadi lebih sehat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.