Pemprov DKI Jakarta Libatkan RT/RW dalam Pencegahan Virus Corona

18 Maret 2020 20:09 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan ( Tribunnews.com)

Sonora.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemprov DKI Jakarta  bekerja sama untuk melibatkan struktur pemerintahan RT/RW dalam penanganan virus corona.

Kepala BNPB sekaligus Kepala Gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 Doni Monardo mengatakan untuk fokus kepada masyarakat Indonesia agar paham apa ancaman yang sedang dihadapi dan bagaimana menyelesaikannya secara bersama-sama.

Doni menyebut struktur pemerintahan di Indonesia memiliki Kelurahan hingga RT/RW. Doni berharap mereka bisa mengoptimalkan seluruh potensi yang ada untuk menunjukkan kualitas kepemimpinannya agar bisa menjalankan semua kebijakan pemerintah.

Baca Juga: [Update Corona] 227 Kasus di Indonesia, 19 Meninggal dan 11 Sembuh

"Struktur pemerintah di Indonesia, kita punya RT/RW yg mungkin selama ini kurang diberdayakan. Kita punya kelurahan kitabpunya desa yg mungkin juga belum dilibatkan, nah pesan saya tadi selaku kepala gugus tugas untuk bisa mengoptimalkan semua potensi yg ada mulai dari tingkat Provinsi kota madya kelurahan hingga RTRW," jelas Doni di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengatakan akan terus melakukan dan meneruskan upaya pencegahan seperti yang sudah dilakukan saat ini.

"Kami di Pemprov DKI Jakarta akan meneruskan kampanye yang selama ini kita kerjakan terkait dengan langkah-langkah apa yg harus dikerjakan di rumah tangga, di perkantoran, di tempat ibadah di tempat kegiatan umum lainnya," ungkap Anies.

Ia berharap dengan upaya-upaya tersebut kasus Covid-19 di Indonesia khususnya ibu kota tidak semakin bertambah.

Baca Juga: Pandemi Corona, UIN Raden Fatah Yakin Kuliah E-Learning Berjalan Efektif

"Jadi dengan begitu kita bisa menjaga agar Penularan Covid-19 tidak meningkat tapi malah justru terkendali dan menurun," tegas Anies.

Anies menyebut seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dalam posisi siap dan memastikan langkah-langkah tersebut sejalan dengan strategi pemerintah pusat yang dipimpin oleh kepala BNPB

"Tadi kita membahas banyak terkait itu untuk juga memastikan bahwa langkah-langkah yg ada di DKI sejalan dengan strategi taktik dalam mengahadapi ini yg dipimpin oleh kepala BNPB," pungkasnya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.