5 Manfaat Psikologis Berpuasa, Meningkatkan Mood hingga Turunkan Stres

3 Mei 2020 14:57 WIB
Ilustrasi mencegah bau mulut saat puasa.
Ilustrasi mencegah bau mulut saat puasa. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Al-Qur'an mengharuskan umat Islam untuk berpuasa selama bulan Ramadan dari adzan subuh berkumandang hingga adzan maghrib. 

Selama berpuasa, umat Muslim tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama seharian.  Berpuasa, yang pada dasarnya mengharuskan orang menahan diri dari apa yang paling menarik bagi mereka untuk jangka waktu yang lama untuk menahan diri.

Efek fisik puasa salah satunya adalah penurunan berat badan, regenerasi sel, penuaan yang lebih lambat, pencegahan penyakit kronis seperti diabetes dan Alzheimer. Namun, puasa juga memiliki efek psikologis yang belum diketahui yakni termasuk:

1. Meningkatkan mood

Setelah berjam-jam puasa, para wanita merasakan peningkatan rasa pencapaian, penghargaan, kebanggaan, dan kontrol, yang menunjukkan peningkatan harga diri dan rasa prestasi.

Efek-efek ini sebagian dihasilkan oleh peningkatan hormon-hormon tertentu saat puasa, dan juga oleh perasaan euforia yang dialami setelah menyelesaikan tugas yang sulit, yang bertindak sebagai obat kuat rasa-enak di otak.

Baca Juga: Hukum Tak Berpuasa Demi Menjaga Stamina untuk Menghindari Corona

2. Menurunkan stres dan kecemasan

Efek lebih langsung dari puasa pada otak adalah produksi protein otak yang meniru efek obat anti-depresi, menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan depresi.

Bahkan, dokter telah menyarankan menggunakannya sebagai alat untuk mengobati depresi dan gangguan mood lainnya.

3. Peningkatan kewaspadaan

Meskipun mitos populer menunjukkan bahwa puasa meningkatkan sifat mudah marah dan mengantuk, individu yang puasa tampaknya mendapat manfaat dari peningkatan kewaspadaan.

Tubuh kita mengubah makanan menjadi glukosa, yang berlebihan yang mengarah ke perasaan lesu dan mengantuk, yang dialami sebagian besar orang setelah makan. Berpuasa membantu mengatur kadar glukosa dalam tubuh, sehingga mengurangi kelesuan dan meningkatkan kewaspadaan. Peningkatan kewaspadaan diterjemahkan menjadi beberapa manfaat lainnya.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.