7 Bahan Makanan yang Memicu Penuaan Dini, Salah Satunya Susu

25 Mei 2020 17:55 WIB
Bahan makanan yang menyebabkan penuaan dini.
Bahan makanan yang menyebabkan penuaan dini. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Ada dua penyebab utama yang mempercepat proses penuaan kulit kita: paparan sinar matahari dan produk akhir glikasi canggih (AGEs). AGEs terbentuk ketika protein atau lemak bergabung dengan gula.

Melansir Healthline, menggunakan tabir surya dan memperhatikan pola makan Anda secara keseluruhan dapat membantu bagaimana tubuh kita melindungi dan menyembuhkan kulit kita.

Tidak semua orang akan mendapat manfaat dari makan mentah, bersih, atau utuh saja. 

Berikut adalah 7 makanan yang berpotensi mempercepat penuaan tubuh:

1. French fries

Kentang goreng memang menjadi primadona jika sudah berbicara soal camilan. Namun French fries bisa menyebabkan penuaan pada tubuh karena mereka digoreng dan asin.

Makanan yang digoreng dalam minyak pada suhu tinggi melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan karena tindakan yang disebut cross-linking. Hubungan silang memengaruhi molekul DNA dan dapat melemahkan elastisitas kulit.

Terlebih lagi, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat mengeluarkan air dari kulit dan menyebabkan dehidrasi. Itu mungkin membuat kulit Anda lebih rentan terhadap kerutan.

Baca Juga: Peneliti Temukan Virus Corona di Sperma, Bisakah Menular Seksual?

2. Roti

Ketika karbohidrat olahan terintegrasi dengan protein, itu menyebabkan pembentukan AGE. AGE memiliki efek langsung pada penyakit kronis serta proses penuaan.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti, dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh terhubung langsung untuk proses penuaan.

Sebagai alternatif, cobalah roti tradisional, seperti roti gandum yang tidak mengandung gula tambahan. Roti yang tumbuh juga mengandung antioksi yang bermanfaat bagi kulit.

3. Gula

Gula adalah salah satu pesaing terkenal untuk masalah kulit yang tidak diinginkan seperti jerawat. Seperti disebutkan di atas, gula berkontribusi pada pembentukan AGEs yang merusak kolagen.

Ketika kadar gula kita meningkat, proses AGE ini terstimulasi. Ini dipercepat bahkan jika sinar matahari terlibat. Jadi, alih-alih makan es krim di pantai, pilihlah buah beku yang menyegarkan atau es loli tanpa gula tambahan.

Sebagai alternatif, coba memilih buah atau cokelat hitam saat menginginkan sesuatu yang manis. Blueberry, khususnya, mencegah hilangnya kolagen (seperti ditunjukkan padastudi hewan).

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm