Berbahaya bagi Otak, Negative Thinking Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

20 Juni 2020 09:25 WIB
Ilustrasi dampak berpikir negatif.
Ilustrasi dampak berpikir negatif. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Dalam sebuah studi baru, para peneliti di University College London mengatakan mereka telah menemukan pemikiran negatif berulang dikaitkan dengan penurunan kognitif, jumlah yang lebih tinggi dari deposit protein berbahaya di otak, dan akibatnya risiko demensia yang lebih besar.

“Depresi dan kecemasan di usia paruh baya dan usia lanjut sudah diketahui sebagai faktor risiko demensia. Di sini, kami menemukan bahwa pola berpikir tertentu yang terlibat dalam depresi dan kecemasan dapat menjadi alasan mendasar mengapa orang dengan gangguan tersebut lebih mungkin untuk mengembangkan demensia, ” Natalie L. Marchant , DPhil, penulis utama penelitian Universitas College London.

Dalam melakukan penelitian ini, para peneliti merekrut lebih dari 300 orang di atas usia 55 tahun.

Selama periode 2 tahun, para peserta penelitian diminta untuk menjawab pertanyaan yang menunjukkan bagaimana perasaan mereka tentang pengalaman negatif.

Baca Juga: Waspada, Ruam di Kulit Dicurigai Jadi Gejala Infeksi Virus Corona

Pertanyaan-pertanyaan difokuskan pada pola-pola yang sering terlihat dalam pemikiran negatif berulang, seperti perenungan peristiwa masa lalu atau khawatir tentang masa depan.

Fungsi kognitif para peserta, termasuk perhatian, bahasa, kognisi spasial, dan perhatian, dinilai.

Selain itu, 113 dari peserta memiliki scan PET untuk mengukur jumlah deposit tau dan amiloid di otak mereka. Kedua protein ini dapat menumpuk di otak dan menyebabkan penyakit Alzheimer.

Para peneliti menemukan bahwa para partisipan yang menunjukkan tingkat pola pikir negatif berulang yang lebih tinggi memiliki lebih banyak penurunan kognitif dan penurunan daya ingat.

Mereka juga lebih mungkin daripada peserta yang tidak memiliki pola berpikir negatif berulang-ulang untuk memiliki deposit amiloid dan tau di otak mereka.

"Kami mengusulkan bahwa pemikiran negatif berulang dapat menjadi faktor risiko baru untuk demensia karena dapat berkontribusi pada demensia dengan cara yang unik," kata Marchant.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.