Sebuah Penelitian Ungkap Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Virus Corona

17 Juni 2020 13:55 WIB
Ilustrasi sakit kepala.
Ilustrasi sakit kepala. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Sebuah studi telah menemukan bahwa sekitar setengah dari pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami gejala neurologis.

Melansir IFL Science, peneliti menunjukkan bahwa penyakit tersebut adalah salah satu yang mengancam seluruh sistem saraf, daripada hanya menjadi infeksi pernapasan.

Peneliti dari Northwestern University Feinberg School of Medicine dan University of Colorado School of Medicine menemukan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit memiliki manifestasi neurologis Covid-19 mulai dari gejala yang lebih ringan seperti sakit kepala, pusing, penurunan kewaspadaan, kelemahan, nyeri otot, kesulitan berkonsentrasi, dan kehilangan bau dan rasa , hingga komplikasi medis yang lebih serius seperti kejang dan stroke.

Penyakit ini dapat mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, saraf, dan otot dalam beberapa cara berbeda, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Neurology.

Penyakit ini menyerang paru-paru dan jantung, yang dapat menyebabkan kurangnya oksigen di otak, atau gangguan pembekuan yang dapat menyebabkan stroke. Virus juga dapat langsung menginfeksi otak, seperti yang ditunjukkan dalam studi kasus baru-baru ini di JAMA Neurology.

Gejala neurologis juga dapat disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan saraf melalui peradangan.

Baca Juga: Waspada, Ruam di Kulit Dicurigai Jadi Gejala Infeksi Virus Corona

"Karena distribusi di seluruh dunia dan mekanisme patogen multifaktorial, Covid-19 merupakan ancaman global terhadap seluruh sistem saraf," tulis para penulis dalam makalah.

"Seperti yang kita harapkan dari vaksin atau penyembuhan, ahli saraf akan memainkan peran penting dalam mendiagnosis, menyelidiki, dan merawat banyak manifestasi neurologis Covid-19," tulis penelitian tersebut.

Meskipun gejala neurologis ditemukan pada sekitar setengah dari pasien yang dirawat di rumah sakit, efek yang lebih parah lebih jarang terjadi. Secara keseluruhan, 25 persen pasien menunjukkan bukti disfungsi sistem saraf pusat termasuk pusing (17 persen), sakit kepala (13 persen), dan gangguan kesadaran (7,5 persen).

Tiga persen menderita penyakit serebrovaskular akut (gangguan yang memengaruhi pembuluh darah dan suplai darah ke otak ), 0,5 persen mengalami ataksia (kehilangan kendali penuh atas gerakan tubuh), dan 0,5 persen mengalami kejang.

“Penting bagi masyarakat umum dan dokter untuk mengetahui hal ini, karena infeksi SARS-COV-2 dapat muncul dengan gejala neurologis pada awalnya, sebelum demam, batuk atau masalah pernapasan terjadi,” penulis utama Dr Igor Koralnik, kepala neuro Penyakit-infeksi dan neurologi global di Northwestern Medicine, mengatakan dalam sebuah pernyataan .

Sedikit yang diketahui tentang implikasi jangka panjang dari dampak neurologis Covid-19, dan tim sekarang akan mengikuti beberapa pasien untuk mencoba menentukan apakah masalah neurologis bersifat sementara atau permanen.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm