Ibu Hamil di Balikpapan Wajib Lakukan Rapid Test Menjelang Melahirkan

23 Juni 2020 09:05 WIB
Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty
Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty ( Sonora/Debby Aditya)

Balikpapan, Sonora.ID - Dinas Kesehatan kota Balikpapan mewajibkan bagi ibu hamil untuk  menjalani tes cepat atau rapid test deteksi Covid-19 jelang melahirkan.

Hal ini dilakukan, agar memastikan ibu hamil tak memiliki potensi virus corona.

"Adapun kewajiban rapid test bagi ibu hamil, sebelum persalinan untuk mencegah kekhawatiran adanya potensi virus corona ke petugas kesehatan, " ujar Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty, Senin (22/06/2020).

Andi mengatakan, ada beberapa fasilitas kesehatan yang meminta agar ibu hamil dilakukan tes rapid test sebelum melahirkan.

Dirinya mewasapadai adanya ibu hamil yang terserang Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kewajiban rapid test bertujuan, agar ibu hamil sebelum persalinan dilakukan untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus corona," ujarnya.

Baca Juga: PKS Kaltim Umumkan Dukungan untuk Calon Walikota Balikpapan, Rahmad Masud

Nantinya pemeriksaan rapid test tersebut dilakukan secara mandiri oleh ibu yang akan melahirkan sebelum waktu persalinan, dengan biaya yang dibayar diluar biaya persalinan. 

"Rapid test bagi ibu hamil sebelum persalinan adalah  berbayar walaupun punya BPJS, namun tidak di cover,” ujarnya.

Saat disinggung, bagaimana warga yang akan melakukan persalinan namun tidak memiliki dana untUk rapid test, dirinya menambahkan, bagi ibu hamil yang merasa tidak memiliki biaya rapid test sebelum persalinan, maka dapat mengajukan permohonan bantuan ke Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

“Ibu hamil yang akan melakukan persalinan dapat segera melaporkan ke DKK, mengajukan bantuan rapid test," ujarnya

Khusus Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) berdasarkan informasi, telah membuat kebijakan untuk memasukan biaya rapid test kepada ibu yang akan melahirkan dalam paket biaya persalinan, sehingga dapat tercover dalam tagihan BPJS Kesehatan.

“Biaya rapid test dapat di cove bpjs kesehatan, dan hal ini masing masing  kemampuan manajemen rumah sakit, " jelas dia.

 Baca Juga: Ratusa Sertifikat PTSL di Serahkan Rahmad Mas'ud Untuk Warga Teritip

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.