Rumah Dekat SUTET Berbahaya? Begini Cara Mengurangi Dampak Buruknya

29 Juni 2020 12:58 WIB
Ilustrasi rumah dekat SUTET.
Ilustrasi rumah dekat SUTET. ( Dream Time)

 

Sonora.ID - Memiliki rumah yang berdekatan dengan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi atau SUTET memang sangat berbahaya. Hal itu karena SUTET memicu radiasi yang bisa menimbulkan penyakit bagi orang-orang yang tinggal berdekatan dengannya.

Dengan demikian, rumah yang berdekatan dengan menara SUTET pasti dijual dengan harga yang lebih murah. 

Meski berbahaya, ada cara khusus yang bisa digunakan untuk mengurangi dampak buruk dari SUTET. Perlu diketahui, Indonesia telah menerapkan suatu aturan terkait pembangunan dekat SUTET.

Aturan ini tertuang melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015. Peraturan tersebut membahas jarak terkait pembangunan rumah yang berada dekat dengan transmisi listrik bertegangan tinggi atau SUTET.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Melindungi Diri dari Covid-19 di Era New Normal

Dengan kata lain, pemerintah menerapkan adanya radius steril dari keberadaan SUTET. Dalam radius tersebut, tidak boleh ada satupun bangunan yang berdiri demi keamanan di sekitarnya. Apabila nekat melanggar, maka bangunan tersebut dianggap ilegal dan harus berhadapan dengan hukum yang berlaku.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan, keberadaan rumah tinggal yang dekat dengan SUTET bukan hanya berpotensi meningkatkan risiko kanker. Namun, ada banyak masalah kesehatan lain yang juga sama berbahayanya.

Fakta ini diperjelas oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gerald Draper dari Oxford University. Dr. Draper menyebutkan bahwa, ada beberapa gangguan kesehatan selain kanker yang bisa dialami akibat paparan SUTET, seperti:

  • Electrical sensitivity, berupa sakit kepala dan kelelahan kronis.
  • Limfoma atau tumor kelenjar getah bening
  • Gangguan kesuburan reproduksi pada pria
  • Kecacatan janin
  • Mood swing dan lain sebagainya.

Trik Mengurangi Dampak Buruk Rumah Dekat Sutet

Apabila Anda sudah terlanjur memiliki atau tinggal di sebuah rumah dekat SUTET, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah trik yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi risiko penyakit yang ditimbulkan oleh radiasi SUTET.

1. Hindari aktivitas di luar rumah saat malam tiba
2. Perhatikan letak jemuran dan plafon rumah
3. Minimalkan penggunaan material logam
4. Menerapkan sistem grounding
5. Perbanyak tanaman hijau di sekitar rumah

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.