9 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Masih Dipakai hingga Sekarang

30 Juni 2020 15:35 WIB
Pesugihan Nyi Blorong.
Pesugihan Nyi Blorong. ( Kolase)

 

Sonora.ID - Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mempercayai ilmu pesugihan. Dengan cara tersebut mereka percaya akan mendapatkan uang denga nominal yang banyak tanpa bekerja keras dan dalam waktu yang singkat.

Dalam prosesnya, bentuk kerjasama perjanjian antara manusia sebagai pelaku pesugihan dengan makhluk gaib, jin, atau siluman.

Berikut adalah praktik pesugihan di Indonesia yang masih sering dilakukan masyarakat:

1. Pesugihan Nyi Blorong

Berdasarkan kisah yang beredar, pihak yang melakukan ritual pesugihan Nyi Blorong bisa kaya sampai dua dekade. Sama seperti pesugihan yang lainnya, pesugihan Nyi Blorong juga meminta tumbal kepada pelaku.

Namun tumbalnya adalah bila si peminta kekayaan meninggal, ruhnya akan jadi pengikut Nyi Blorong.

2. Pesugihan Gunung Kemukus

Pesugihan Gunung Kemukus memiliki mitos cukup aneh. Kisahnya, kalau mau kaya, pengunjung harus berhubungan seks dengan orang yang bukan pasangannya di gunung ini. Gunung Kemukus ada di Sragen Jawa Tengah.

Pihak pengelola wisata dan pemerintah kabupaten sendiri, telah menepis isu tersebut. Tetapi siapa yang tahu kalau belum mengecek langsung. Gunung ini juga pernah diliput media Australia di kanal Special Broadcasting Service dengan tajuk acara “Sex Mountain”.

Baca Juga: Bikin Merinding, Sosok Nyi Roro Kidul Muncul di Nusa Dua Bali

3. Pesugihan Gunung Kawi

Gunung Kawi terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Malang, Jawa Timur. Konon, lelaku pesugihan di Gunung Kawi dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Para peziarah sekedar diwajibkan untuk melakukan ritual tapa brata selama tiga hari di bawah sebuah pohon keramat bernama pohon Dewandaru.

Ritual pesugihan Gunung Kawi dilakukan pada hari baik. Jika ingin mendapatkan kekayaan secara mendadak, seseorang harus melakukan ritual pesugihan pada hari Jumat Legi. Tanggal 12 setiap bulan Suro juga jadi waktu yang ramai dikunjungi pelaku pesugihan.

4. Pesugihan Tuyul

Pesugihan Tuyul bukan hal asing lagi di masyarakat Indonesia. Mitos ini masih beredar dan sebagian orang masih percaya. Tuyul digambarkan sebagai makhluk gaib berwujud anak-anak, banyak yang bilang tubuhnya berbulu dan agak berlendir dengan gigi yang runcing.

Beberapa orang mengaku bisa atau sempat melihat penampakan makhlus halus ini. Tak hanya itu, dalam beberapa kasus masih ada yang terlibat dalam praktik-praktik pesugihan tuyul sampai sekarang.

 

Halaman Berikutnya
PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.