DPKP Palembang: Hewan Qurban yang Tidak Memenuhi Standar Masih Diperjualbelikan

9 Juli 2020 17:05 WIB
Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti.
Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti. ( Tribun Sumsel)

Palembang, Sonora.ID - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang mengakui hingga kini masih ditemukan hewan kurban yang tidak memenuhi syari’at islam yang diperjualbelikan atau tidak memenuhi standar.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti, saat dihubungi Tim Smart Fm Palembang, Selasa (7/7/2020) lalu.

Ia mengatakan, sejauh ini masih ditemukan para penjual hewan qurban yang tidak memperhatikan ketentuan hewan yang ingin dijual, salah satunya usia dari hewan qurban tersebut.

Baca Juga: Akibat Pandemi Covid-19, Jelang Idul Adha Penjualan Hewan Kurban Lesu

“Selama ini masih ada saja pedagang yang kita temukan belum memenuhi syarat islam untuk hewan qurban yang mereka jual. Misalnya Sapi yang dijual itu harusnya berumur diatas 2 tahun dengan ciri gigi permanennya sudah tumbuh dua. Kalau Kambing yang boleh dijual itu umurnya harus diatas satu tahun dan tidak cacat, sama seperti Sapi tadi,” katanya.

Sayuti menambahkan, sebagai upaya mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi, pihaknya sejak bulan Juni lalu telah menurunkan Tim untuk melakukan pengawasan di lapangan, diantaranya pengawasan terkait kesehatan hewan dan syari’at yang wajib dipenuhi.

“Kita sudah melakukan pengawasan sejak Juni lalu, kalau hewan tersebut sudah layak dijual maka akan kita berikan Surat Keterangan bahwa hewan tersebut sudah layak dijual ke pelanggan,” ujarnya.

Sayuti mengatakan, selain telah melakukan pengawasan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang dan masyarakat terkait pemilihan hewan qurban yang baik.

Selain itu, kita juga mengimbau kepada para pedagang untuk menerapkan protokol kesehatan saat proses jual beli.

“Artinya pedagang harus menyediakan masker, hand sanitizer dan lain-lain supaya protokol kesehatan dapat diterapkan,” pungkas dia.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.