Kebun Raya Bogor Kembali Dibuka dengan Terapkan Protokol Kesehatan

9 Juli 2020 20:05 WIB
kebun raya bogor
kebun raya bogor ( Kompas.com)

 

Sonora.ID - Setelah kurang lebih empat bulan ditutup akibat dari pandemi Covid-19, akhirnya LIPI membuka dua dari kebun raya yang dibawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yakni kebun raya bogor dan Cibodas pada 7 juli 2020 yang lalu.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko mengatakan pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 155/F/2020 tentang Pembukaan Kembali Layanan Kebun Raya di Lingkungan LIPI yang mana memperbolehkan kebun raya dibuka kembali.

Namun, Handoko mengatakan meski sudah diperbolehkan buka pihak pengelola harus memenuhi protokol kesehatan dan regulasi yang ada di masing masing daerah.

Lebih lanjut, hingga saat ini kebun raya bogor telah menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, serta wajib menggunakan masker bagi masyarakat yang berkunjung.

Serta, guna mengurangi kontak fisik, pembelian tiket masuk kebun raya bogor dilakukan secara online yakni di www.kebunraya.id. Sehingga, bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke kebun raya bogor dapat membeli terlebih dahulu secara online.

Baca Juga: Mulai Sabtu Besok, Kebun Binatang di Bandung Sudah Kembali Dibuka

Handoko juga mengatakan, tidak ada pembatasan umur untuk datang ke kebun raya artinya seluruh kalangan dari semua umur dapat berkunjung ke kebun raya bogor.

"Sesuai dengan SK yang saya keluarkan, memang meskipun semua kita ijinkan buka pada 1 juli, tetapi semua harus tetap memenuhi protokol kesehatan dan yang lebih penting lagi memenuhi regulasi yang ada di masing masing daerah. Jadi kalau psbb di bogor sampai 4 juli ya harus ikuti bogor," ucap Handoko.

Kemudian untuk menjaga keamanan dan untuk menindak protokol kesehatan kebun raya bogor juga bekerjasama dengan TNI, Paspampres istana bogor dan juga pihak keamanan kebun raya bogor.

Sementara untuk dua kebun raya lainnya yang dibawah pengelolaan LIPI yakni kebun raya Purwodadi dan Kebun raya Bali. Menurut Handoko saat ini belum dibuka.

Pembukaan kembali kedua kebun raya tersebut disesuaikan dengan kebijakan di daerah masing masing.

Baca Juga: Jelang Pembukaan, Pemkot Surabaya dan KBS Siapkan Protokol Kesehatan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.