Tetap Nyaman Beraktivitas Pakai Masker bagi Pemilik Kulit Sensitif

21 Juli 2020 16:10 WIB
ilustrasi masker
ilustrasi masker ( Dok. Pribadi/ Indra Gunawan)

Banjarmasin, Sonora.ID - Pandemi CoVID-19 yang terjadi sejak bulan Maret lalu dan semakin meningkat kasusnya, mengharuskan kita meningkatkan perlindungan diri ketika berada di luar rumah.

Menggunakan masker, tak lupa bawa cairan pembersih tangan dan juga sebisa mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sudah jadi kebiasaan baru beberapa bulan belakangan.

Tak hanya untuk melindungi diri kita dari paparan droplet orang lain yang ada di sekitar, namun juga untuk melindungi orang lain jika kita ternyata membawa virus tersebut di dalam tubuh.

Namun tak jarang, masker harus terpasang seharian karena aktivitas yang cukup padat dan sering berada di antara kerumunan. Menempel ketat hingga berjam-jam, tentu menimbulkan rasa tak nyaman kan?

Kalau kulit wajah sensitif, seringkali juga muncul ruam atau bahkan rasa gatal di beberapa bagian wajah karena lembabnya udara saat kita memakai masker. Pada beberapa kasus, ternyata juga dapat memicu alergi, loh.

Biar tetap nyaman menggunakan masker di tengah situasi saat ini, yuk simak tips berikut:

1. Pastikan bahan masker benar-benar menyerap keringat. Pilih masker dari kain berbahan katun yang punya pori-pori cukup baik untuk memberikan sirkulasi udara. Kain jenis ini biasanya juga lebih nyaman dan mengurangi risiko iritasi pada kulit wajah.

Hindari masker berbahan nylon, rayon dan polyester, kalau tak mau wajah iritasi karena kurangnya kemampuan menyerap keringat. Apalagi buat kalian yang aktivitasnya banyak di luar ruangan.

2. Cuci masker kain setelah dipakai. Kok gitu? Karena besarnya risiko debu dan kotoran yang menempel, masker kain jangan dipakai secara berulang, ya. Selain tak lagi steril, debu yang ada juga berisiko mengotori wajah. Bukan tidak mungkin malah akan muncul jerawat, lho.

Halaman Berikutnya

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.