Ingin Untung Meski Pandemi Melanda? Ini Bisnis Yang Cocok Untuk Anda

30 Juli 2020 18:45 WIB
Ingin Untung Meski Pandemi Melanda?, Ini Bisnis Yang Cocok Untuk Anda
Ingin Untung Meski Pandemi Melanda?, Ini Bisnis Yang Cocok Untuk Anda ( SonoraID/Fernado Oktareza)

Palembang, Sonora.ID - Anjloknya pertumbuhan ekonomi di Indonesia akibat pandemi corona membuat berbagai pihak harus cepat memutar otak supaya perekonomian kembali stabil.

Salah satu sektor yang mengalami dampak signifikan akibat pandemi corona adalah sektor UMKM.

Sebelumnya sektor UMKM merupakan salah satu sektor yang banyak digeluti oleh masyarakat sebagai sumber pendapatan baru. Namun, akibat pandemi corona yang terjadi sejak beberapa bukan terakhir membuat sektor ini sulit untuk berkembang.

Pengamat Ekonomi, Markoni Badri mengungkapkan bahwa ada beberapa kiat-kiat yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM supaya pergerakan bisnis mereka tidak terhenti.

Baca Juga: Siapa Sangka Bisnis Balon Itu Menjanjikan? Ini Sederet Keuntungannya

“Ada tiga kiat yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM supaya bisnis tetap stabil bahkan meningkat di tengah pandemi corona saat ini. Ketiga liat tersebut diantaranya Adjusment (pengaturan), Inovasi dan Kolaborasi,” katanya saat menjadi Narasumber di Radio Smart Fm Palembang, Rabu (22/07) lalu.

Ia mengatakan, bahwa saat ini segala aktivitas perekonomian secara bertahap mulai beralih ke sektor digital.

Maka dari itu, para pelaku UMKM harus mencari terobosan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Misalnya produk yang kita jual tersebut harus kita pasarkan juga lewat media online, karena semakin kesini aktivitas masyarakat untuk berbelanja diluar semakin berkurang atas berbagi alasan, sehingga mereka lebih memilih produk yang ingin mereka beli itu kalau bisa diantarkan langsung ke rumah. Oleh karena itu, merambah bisnis di sektor digital harus dimaksimalkan oleh para pelaku UMKM di masa pandemi saat ini,” ujarnya.

Baca Juga: INDEF: Perlu Terobosan Baru di Bidang Ekonomi Tepat Untuk Bertahan

Selain melakukan inovasi, lanjut Markoni, para pelaku UMKM juga harus melakukan kolaborasi supaya kegiatan bisnis yang dijalankan bisa berjalan maksimal dan mudah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.