Akibat Covid-19, Shalat Idul Adha di Gowa Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

31 Juli 2020 19:15 WIB
Pemkab Gowa mewajibkan jaga jarak dan protokol kesehatan lainnya sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha.
Pemkab Gowa mewajibkan jaga jarak dan protokol kesehatan lainnya sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha. ( Dok. Pemkab Gowa)

Gowa, Sonora.ID - Pelaksanaan Shalat Idul Adha tingkat Kabupaten Gowa dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Syekh Yusuf Discovery Sungguminasa, Jumat (31/7).

Shalat Idul Adha menerapkan protokol kesehatan yang ketat mulai dari menggunakan masker, mengatur jarak antar jemaah 1,5 meter, pengukuran suhu badan, penyemprotan disinfektan dan handsanitizer.

"Sebelum masuk kita cek dulu apakah jemaah pakai masker atau tidak, kalau tidak, panitia siapkan masker untuk jemaah yang tidak menggunakan masker," kata Kepala Bidang Pembinaan Sosial Spiritual Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Najamuddin. 

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan pelaksanaan Shalat Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan ini merupakan langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa agar masyarakat bisa tetap menjalankan Shalat Idul Adha dan terhindar dari penularan Covid-19.

Baca Juga: Patuhi Protokol Kesehatan, Masjid At-Taqwa Banjarmasin Gelar Salat Ied

"Masyarakat Kabupaten Gowa punya keinginan yang sangat besar untuk bisa melaksanakan shalat ied. Oleh karena itu Pemkab Gowa mau fasilitasi untuk bisa dilaksanakan salat ied tetapi dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada," jelas Bupati Adnan.

Selain menerapkan protokol kesehatan, sebelumnya Bupati Adnan telah menginstruksikan agar Shalat Idul Adha di seluruh wilayah Kabupaten Gowa dilaksanakan di ruang terbuka untuk meminimalisir terjadinya penularan Covid-19.

"Karena tentu hasil penelitian yang ada kalau kita menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak lalu kemudian dilaksanakan di ruang terbuka maka resiko penularannya hanya satu setengah persen," tambah Adnan.

Diketahui Shalat Idul Adha tingkat Kabupaten Gowa ini dihadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan hadir sebagai khatib Ustadz Fakhrurrazi Anshar yang juga Ketua Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) Wahdah Islamiyah Sudan.

Baca Juga: Masjid Raya Sabilal Muhtadin Beri Jarak Antar Jemaah Salat Id

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.