Calon Orang Sukses Harus Tahu, Yuk, Kenali Jenis-Jenis dan Teknik dalam Komunikasi!

6 Agustus 2020 07:00 WIB
Ilustrasi komunikasi
Ilustrasi komunikasi ( )

Sonora.IDKomunikasi pada dasarnya merupakan proses transfer pesan dari satu pihak ke pihak berikutnya atau bisa disebut dari speaker sampai ke listener/audience. Di dunia ini setiap saat kita selalu berkomunikasi  baik disadari maupun tidak.

Tapi tahukah anda bahwa komunikasi terbagi menjadi dua jenis dengan teknik yang berbeda-beda di tiap jenisnya.

Motivator atau yang lebih dikenal sebagai Ice Breaker No. 1 Indonesia, Ferdi Kawi S.T, CT. NNLP CPS membagi dua jenis komunikasi lengkap dengan teknik-teknik penyampaian komunikasi tersebut. Berikut ulasannya:

Baca Juga: Pentingnya Sesuaikan Cara Komunikasi Orang Tua dengan Usia Sang Anak

 Komunikasi Intrapersonal

Komunikasi intrapersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Contoh komunikasi intrapersonal antara lain berdoa dan bertanya terhadap diri sendiri.

Adapun hal-hal yang membuat proses komunikasi intrapersonal berjalan sukses dan efektif ialah dengan memandang sebuah kejadian dengan pandangan yang positif atau menanamkan sugesti positif di setiap peristiwa yang terjadi di dalam diri kita sendiri.

Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap peserta menangkap reaksi yang lain secara langsung baik secara verbal maupun nonverbal.

Baca Juga: Dihadapkan dengan Segudang Hambatan, Ini Lima Tips Jitu Mencapai Target

Supaya komunikasi ini berjalan sukses, Anda cukup menerapkan 3D yakni Dengarkan, Detailkan dan Diulangi.

"Pertama Anda harus mendengarkan apa yang disampaikan lawan bicara kita, selanjutnya memastikan informasi yang disampaikan oleh lawan bicara kita dengan cara mendetailkan informasi tersebut dan yang terakhir mengulangi atau mengkonfirmasi bahwa informasi yang disampaikan lawan bicara kita tidak salah." Ujar Ferdi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.