Kampung Reforma Agraria Wujud Kerja Kolektif Pemerintah untuk Rakyat

18 Agustus 2020 20:22 WIB
Kementrian Agraria Tata Ruang / BPN Mencanangkan Kampung Agraria di Pandeglang, Banten
Kementrian Agraria Tata Ruang / BPN Mencanangkan Kampung Agraria di Pandeglang, Banten ( Humas Kementrian ATR/BPN)

Banten, Sonora.id - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra berkesempatan mengunjungi Kampung Reforma Agraria di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Sabtu (15/08/2020).
 
Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan rapat mengenai Model Kampung Agraria di Banten yang dilaksanakan pada pada Jumat (14/08/2020). Di Kampung Agraria, Surya Tjandra berdialog mengenai reforma agraria yang tengah dilaksanakan dengan warga sekitar. Selain itu ia juga meletakkan batu pertama perumahan serta menanam pohon pepaya.
 
"Reforma Agraria itu memberi keadilan buat warga, meningkatkan kesejahteraan melalui akses kepada tanah. Kami datang ke sini tidak hanya sekali sehabis itu tidak datang lagi, salah satu harapan kami adalah ketika semua masyarakat di sini mendapatkan hak tanah setelahnya agar betul-betul menaikkan kesejahteraan Bapak/Ibu semua. Untuk itu kita butuh strategi, cara, upaya dan ikhtiar," ucap Surya Tjandra kepada masyarakat yang hadir.
 
Wamen ATR/Waka BPN juga menjelaskan Kampung Reforma Agraria ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah, wujud kerja kolektif pemerintah untuk rakyatnya. "Pemerintah berperan atas adanya kampung Reforma Agraria ini, Kementerian/Lembaga terlibat, Bupati, Gubernur, Menteri sampai Presiden," ujarnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Penataan Agraria, Andi Tenrisau menyampaikan bahwa pada kampung Reforma Agraria ini telah dilakukan pemetaan sebelumnya. "Prosesnya ini bagian dari redistribusi yang sudah di laksanakan, tanah yang dibagikan ke masyarakat harus dikawal selanjutnya apa yang sudah diberikan redistribusi itu betul-betul bermanfaaat bagi kehidupan dan diharapkan dapat mengolah tanah itu secara baik," tutur Andi Tenrisau.
 
Sofia (52) salah satu masyarakat Kampung Reforma Agraria mengungkapkan aspirasinya ketika berdialog. "Alhamdulillah atas diberikannya tanah, sertipikat dan rumah. Saya hanya ingin jalan di sini agar diperbaiki dan dibaguskan lagi," kata Sofia.
 
Menyambut keinginan Sofia, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng mengatakan jalan di kampung Reforma Agraria akan segera diperbaiki dan pihak Pemprov Banten sangat mendukung akan hal ini. "Untuk jalan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Banten segera dibuat jalan serta Gubernur Banten memberi bantuan pembangunan rumah yang tersisa," ungkap Kakanwil Provinsi Banten.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.