Yoshihide Suga Digadang-gadang Sebagai PM Jepang, Gantikan Shinzo Abe

31 Agustus 2020 08:00 WIB
Yoshihide Suga, Sekretaris kabinet Jepang yang digadang-gadang akan gantikan posisi PM Shinzo Abe.
Yoshihide Suga, Sekretaris kabinet Jepang yang digadang-gadang akan gantikan posisi PM Shinzo Abe. ( )

Sonora.ID – Belum lama setelah pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga kini digadang-gadang sebagai PM Jepang yang baru untuk menggantikan Shinzo Abe.

Melansir dari laman Japan Times, Suga, seorang letnan yang telah menjadi tangan kanan Shinzo Abe selama hampir delapan tahun, pada hari Minggu muncul sebagai kandidat utama untuk mengambil alih posisi tertinggi di negaranya.

Setelah dua hari berspekulasi, salah satu laporan berita menyebut juru bicara utama pemerintah mengatakan kepada Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Liberal Toshihiro Nikai bahwa Suga berniat mencalonkan diri sebagai presiden partai, dan menjadi perdana menteri.

Baca Juga: PM Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri Karena Kondisi Kesehatannya

Pencalonannya ini dipandang sebagai perkembangan besar dalam upaya menggantikan posisi Abe yang mengundurkan diri akibat penyakit yang dideritanya.

Abe sendiri tidak mencalonkan penggantinya dan dia mengatakan tidak akan menggunakan pengaruhnya dalam proses seleksi untuk penggantinya.

Pesaing utama lainnya sejauh ini adalah kepala kebijakan LDP Fumio Kishida dan mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba, keduanya menyatakan keinginan untuk mencalonkan diri tak lama setelah pengumuman mengejutkan Abe.

Baca Juga: Oknum Polisi yang Tilang Turis Jepang Akui Perbuatannya, Begini Nasibnya Sekarang

Masuknya Suga ke dalam seleksi PM Jepang ini berakar pada keinginan kuat partai untuk membangun kontinuitas yang dibangun oleh Abe selama tujuh tahun delapan bulan masa jabatannya yang membawa stabilitas politik yang telah absen selama bertahun-tahun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.