Hindari Resesi Pemerintah Bagi-bagi Subsidi Gaji, Pengamat Ketenagakerjaan: Tidak Mungkin Membantu

4 September 2020 14:30 WIB
Subsidi Gaji
Subsidi Gaji ( Tangkap Layar)

Sonora.ID - Pemerintah Indonesia berupaya keras untuk menghindari jurang resesi yang disebabkan karena wabah pandemi Covid-19.

Berbagai kebijakan pun harus dikeluarkan untuk menyelamatkan roda perekonomian dan juga nyawa ratusan juta jiwa.

Salah satu program penggerak pemerintah agar roda perekonomian terus berjalan adaah adanya Banpres dan juga subsidi Gaji.

Namun, ternyata pengadaan subsidi gaji untuk Karyawan swasta dan juga honorer dinilai oleh sejumlah pihak tidak akan memberikan kontribusi banyak.

Baca Juga: Sanksi Nyeleneh untuk Pelanggar PSBB, Push Up, Masuk Ambulans, hingga Tidur di Peti Mayat

Pengamat Ketenagakerjaan Universitas Gadjah Mada (UGM) Tadjudin Nur Effendi menilai program bantuan subsidi gaji/upah (BSU) belum mampu mendorong daya beli masyarakat serta menghindari resesi pada kuartal III nanti.

Pasalnya, selain waktu yang terbatas, jumlah pekerja yang menerima masih terlalu kecil jika dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja sebanyak 133 juta pekerja.

Karena menurut dia, pekerja yang dibantu untuk mendapatkan subsidi gaji hanya berkisar 5 persen yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 133 juta pekerja.

"Saya pikir masih jauh. Malah justru pikir hemat saya yang 5 persen dapat (subsidi gaji) ini belum tentu meningkatkan daya beli, yang terpenting kan daya beli sekarang ini. Tapi enggak mungkin membantu dalam waktu secepat itu. Ya saya pikir resesi bakal terjadi," kata dia ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga: Siap-siap! Tagihan Kartu Akan Dibebani Bea Materai Rp 10.000

Kepada pemerintah, dia meminta agar tetap menghadapi kondisi resesi.

"Enggak usah takut, karena itu suatu risiko yang terjadi karena pandemi," ujarnya.

Apalagi di masa pandemi virus corona (Covid-19) ini peluang kerja masih sulit didapatkan karena belum normalnya perusahaan untuk beroperasi.

"Kita enggak bisa berbuat apa-apa. Peluang kerja tidak bisa diciptakan karena banyak perusahaan tidak bisa beroperasi dengan normal. Kemudian pasar global juga susah. Ya harus kita terimalah, kita akan menuju ke resesi. Lebih bagus dihadapi kemudian mencari jalan keluar bagaimana keluar dari resesi," ucapnya.

Baca Juga: Menlu Tegaskan Indonesia Tidak Akan Jadi Pangkalan Militer Negara Manapun Termasuk China

Sementara itu, Ekonom dari Institute of Development on Economic and Finance (Indef) Bhima Yudistira Adhinegara juga berpendapat yang sama, bahwa Indonesia bakal memasuki kondisi resesi karena subsidi gaji yang disalurkan masih sedikit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm