Bank Indonesia Bersinergi dengan Pemerintah Kota Balikpapan Mendorong Elektronifikasi Transaksi Keuangan Daerah Melalui E-Retribusi Pasar

6 Oktober 2020 07:50 WIB
Bank Indonesia Bersinergi dengan Pemerintah Kota Balikpapan dan Perbankan Daerah Mendorong Elektronifikasi Transaksi Keuangan Daerah Melalui E-Retribusi Pasar
Bank Indonesia Bersinergi dengan Pemerintah Kota Balikpapan dan Perbankan Daerah Mendorong Elektronifikasi Transaksi Keuangan Daerah Melalui E-Retribusi Pasar ( )

Balikpapan, Sonora.ID - Bank Indonesia bersama Pemerintah Kota Balikpapan dan Perbankan di Balikpapan bersinergi untuk memperluas Elektronifikasi Transaksi Pemerintah melalui Elektronifikasi Retribusi (E-Retribusi) Pasar sebagai bagian dari Program Pengelolaan Pasar Beriman (Laris Pasar) yang diluncurkan pada tanggal 3 Oktober 2020 di Aula Pemerintah Kota Balikpapan.

Selain E-Retribusi Pasar, dalam Program Laris Beriman juga terdapat Web Pasar sebagai langkah inisiatif untuk pengembangan ekonomi dan keuangan digital daerah.

E-Retribusi Pasar adalah inovasi berupa kanal pembayaran non tunai untuk retribusi di lingkungan pasar Kota Balikpapan.
 
E-Retribusi Pasar saat ini melibatkan BPD Kaltim Kaltara sebagai bank yang ditunjuk sebagai channel pembayaran untuk retribusi pada 6 (Enam) pasar di Balikpapan yaitu Pasar Klandasan, Pasar Sepinggan, Pasar Pandansari, Pasar Kampung Baru, Pasar Kebun Sayur dan Pasar Damai BP. 
 
 
Dalam sambutanya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Bimo Epyanto, menyampaikan perlunya program inovasi dan perluasan elektronifikasi selama masa Pandemi COVID-19 ini.
 
Elektronifikasi transaksi keuangan merupakan upaya untuk mengubah cara bertransaksi di masyarakat menjadi lebih aman dan efisien.
 
Oleh karena itu, Implementasi elektronifikasi transaksi keuangan di lingkungan Pemerintah Daerah sangat diperlukan, terutama pada bagian pendapatan yang saat ini diwujudkan melalui program E-Retribusi Pasar.
 
 
Perluasan elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah pada bagian pendapatan akan dapat meningkatkan efisiensi sistem pembayaran sehingga membantu dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapan selama masa Pandemi COVID-19. 
 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.