Kemenparekraf Dorong Pemahaman Kapasitas Pelaku dan Industri Ekraf di Sektor Tata Suara

10 Oktober 2020 09:56 WIB
Salah satu event pertunjukan musik di Jakarta
Salah satu event pertunjukan musik di Jakarta ( Dok Kemenparekraft)

Sonora.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung pemahaman pelaku industri musik, seni pertunjukan, dan penerbitan terkait tata suara (sound system) sehingga mampu bekerja berdasarkan standar internasional.  

Direktur Industri Kreatif Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan Mohammad Amin saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Sound System di Bandung Fox Harris City Center Hotel, Jumat (9/10/2020) menjelaskan dalam penyelenggaraan acara, sound system memegang peranan yang sangat penting selain tata cahaya dan tata panggung.

Tata suara sebagai teknik pengaturan suara atau bunyi sangat diperlukan pada suatu pertunjukan, pertemuan, rapat, dan lain-lain.

“Tata suara memainkan peran yang sangat penting dalam suatu pertunjukan langsung dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari panggung dan bahkan dari acara pertunjukan itu sendiri,” ujar Mohammad Amin.

Ia juga menjelaskan, tata suara seringkali dianggap tidak memerlukan keterampilan khusus untuk mengoperasikannya dan memasangnya. Padahal sound system memiliki ilmu dasar yang harus diketahui oleh setiap operator.

Sesederhana apapun sound system, akan tetap diperlukan dasar-dasar ilmu yang harus dikuasai oleh operator.

“Untuk itu kami menggelar bimbingan teknis terkait hal ini yang dilakukan dengan metode teori dan praktik selama tiga hari dengan konsep ilmu dasar dari tata suara yang dapat dipelajari dan dipraktikkan dengan tepat, jika dipandu dengan baik dan benar. Selama Bimbingan teknis akan disampaikan beberapa materi antara lain microphone, mixer, equalizer, power amplifier, hingga loudspeaker,” ujarnya.

Opetaror sedang mengatur volume suara dalam sebuah pertunjukan konser musik.

Pada kesempatan yang sama, David “Klein” Karnadi yang menjadi narasumber Bimtek Sound System menjelaskan, salah satu kasus atau masalah utama dalam tata suara adalah microphone.

Maka dalam bimtek tersebut materi yang disampaikan seputar masalah mengenai microphone seperti tata cara menggunakan, cara pemilihan microphone, dan cara menggunakan wireless microphone.

“Dari kegiatan bimtek ini, diharapkan peserta dapat lulus uji kompetensi untuk skema penata bunyi atau suara pratama. Dan peserta dapat bekerja berdasarkan standar internasional serta dapat menerapkan ilmu tentang sound system secara profesional,” ujarnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm