Pagi hingga Petang, Risma Cek Saluran Antisipasi Banjir di Surabaya

11 Oktober 2020 08:27 WIB
Risma Cek Banjir
Risma Cek Banjir ( Budi Santoso/Sonora Surabayaa)

Surabaya, Sonora.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengantisipasi genangan hingga banjir bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyiapkan sejumlah langkah. Risma melakukan pengecekan saluran air dan bekerja bakti di berbagai titik di Kota Pahlawan dari pagi hingga menjelang petang, Sabtu (10/10/2020).

Sejak pagi pukul 09.00 WIB, Risma keluar dari rumah dinasnya, di Jalan Sedap Malam menuju lokasi pertama. Awalnya, ia mendatangi saluran air yang terletak di kawasan Jalan HR – Muhammad - Mayjen Sungkono – Wonokitri  hingga Padmosusastro.

Di sana ia memberikan arahan kepada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) dan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) untuk mengeruk sampah di sungai tersebut.

Satu per satu alat berat serta dump truk datang menjemput endapan sampah yang berhasil dikeruk.

Baca Juga: Nama Pejabat Jadi Tim Sukses Salah Satu Paslon, Pemkot Surabaya: Hoax

“Jadi ini tolong dikeruk ya bu, panggilkan alat berat. Kalau yang bagian ini tolong di tutup saja,” kata Risma disela-sela sidaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP), Erna Purnawati mengatakan, saluran air tersebut sebenarnya adalah saluran diversi Gunung Sari.

Namun karena wilayah yang dikunjungi masih irigasi. Makanya, yang harus dilakukan adalah mengeruk sampahnya.

“Kalau yang Banyu Urip sampai Sememi kan sudah dikonversi (diturunkan) sudah dikerjakan. Tetapi kalau yang wilayah tadi masih saluran irigasi. Jadi kami keruk-keruk sampahnya,” kata Erna Purnawati.

Baca Juga: Puji Penanganan Bansos di Surabaya, Mensos: Wali Kota Risma Top 3 Kepala Daerah Terbaik

Setelah hampir tiga jam berada di lokasi itu, Presiden UCLG Aspac itu pun bergeser tepat berada di belakang Kantor KPU Surabaya.

Di lokasi itu, jajaran terkait membersihkan pedestrian hingga melakukan perantingan pohon.  Seperti biasanya, Risma memimpin jalannya kerja bakti itu.

Berberkal sapu, keranjang rotan dan jenis-jenis peralatan lainnya, dalam waktu satu jam saja mampu menyulap wilayah tersebut menjadi lebih bersih dan terang.

Perjalanan tidak berhenti sampai di situ, sebab Wali Kota langsung berpindah lokasi yakni dii Kampung Seng, Jalan Pegirian, Kecamatan Semampir.

Baca Juga: Realisasi BST Surabaya Mei-Agustus 2020 Mencapai 843.499 KPM

Meskipun pada saat itu hujan, namun tak menyurutkan semangat Wali Kota Risma untuk tetap bekerja demi menjaga dan memberi kenyamanan bagi warganya.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm