PLN Operasikan PLTS di Pulau Seribu

17 Oktober 2020 06:48 WIB
Petugas PLN memasang panel-panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Sebira, Kep Seribu.
Petugas PLN memasang panel-panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Sebira, Kep Seribu. ( Dok PLN Disjaya)

SONORA.ID - PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) akan segera mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off-Grid berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp) untuk Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.

PLN bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai mengkonstruksi PLTS Pulau Sebira dengan menggunakan fotovoltaik atau panel surya pada awal Maret 2020 di lahan seluas 5.000 meter persegi. Pembangkit listrik ini diproyeksi dapat menghasilkan energi sebesar 1.200 kWh per hari.

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN UID Jaya menyebutkan bahwa dalam waktu dekat PLTS siap dioperasikan untuk melayani listrik untuk 155 KK di pulau yang berlokasi di ujung paling utara Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu tersebut.

“Bulan Agustus 2020 lalu, progress pembangunan PLTS sudah mencapai 99%. Saat ini kami sedang dalam tahap finalisasi dan berkoordinasi dengan Pemda dan Pemprov DKI. Jika tidak ada kendala, PLTS akan siap diresmikan dalam waktu dekat,” ujar Doddy.

Dengan adanya PLTS di Pulau Sebira, Doddy berharap warga bisa menikmati listrik dengan lebih nyaman dan lebih maksimal bahkan di malam hari. Sebab, PLTS Sebira juga akan dilengkapi oleh baterai berkapasitas 912 kWh yang berfungsi sebagai komponen penyimpan energi, sehingga energi listrik yang dihasilkan juga dapat digunakan pada malam hari.

PLN mengoperasikan PLTS di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara

Masyarakat Pulau Sebira memiliki komoditas utama berupa hasil olahan ikan, salah satunya sentra pembuatan ikan asin. Oleh karena itu, masyarakat setempat membutuhkan ketersediaan listrik yang cukup untuk menyalakan alat elektronik, seperti lemari pendingin yang berfungsi sebagai penyimpanan bahan baku agar tahan lama dan tidak cepat busuk.

“Dengan kelistrikan yang lebih andal, masyarakat tentunya akan lebih nyaman dalam beraktivitas dan bisa meningkatkan produktivitas. Tidak hanya itu, penghasilan masyarakat juga bisa ikut meningkat,” ungkap Doddy.

Penggunaan PLTS sebagai penyedia tenaga listrik menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) ini juga sejalan dengan transformasi PLN melalui salah satu aspirasinya, yaitu Green. Dengan potensi wisata yang dimiliki Pulau Sebira, ke depannya pulau Penjaga Utara ini dapat dikembangkan sebagai lokasi Ekowisata yang mendukung Green Energy Movement dan meningkatkan bauran EBT untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.