Demo Berlangsung Tertib dan Lancar, Kapolda Kalsel Apresiasi Mahasiswa

20 Oktober 2020 17:25 WIB
Demo Berlangsung Tertib dan Lancar, Kapolda Kalsel Apresiasi Mahasiswa.
Demo Berlangsung Tertib dan Lancar, Kapolda Kalsel Apresiasi Mahasiswa. ( Fakhrurazi)

Banjarmasin, Sonora.ID – Aksi unjuk rasa di jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, berlangsung tertib dan lancar. Sekitar pukul 14.15 WITA, ratusan mahasiswa gabungan sejumlah perguruan tinggi di Kalsel itu berangsur membubarkan diri.

Mahasiswa bersama polisi kompak membersihkan sampah yang berserakan di sekitar lokasi jalannya aksi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, nyaris tidak ada gesekan yang berarti antara mahasiswa dan aparat yang berjaga di depan kantor DPRD Kalsel.

Walaupun sebelumnya, aksi unjuk rasa yang menolak pengesahan Undang-undang Cipta Kerja dan peringatan satu tahun kepemimpinan Presiden, Joko Widodo, dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin itu sempat sedikit memanas, karena keinginan demonstran merengsek masuk ke arah kantor DPRD dihalangi oleh petugas.

“Kita lihat adik-adik disini melaksanakan kegiatan (unjuk rasa) sesuai dengan aturan dan kami sebelumnya juga diberitahu bahwa mereka akan melaksanakan unjuk rasa,” ungkap Kapolda Kalsel, Irjen Pol. Nico Afinta, usai memantau jalannya unjuk rasa, pada Selasa (20/10) siang.

Baca Juga: Mundur Teratur, Mahasiswa Kalsel Ancam Gelar Aksi Unjuk Rasa Tiap Minggu

Jenderal Polisi bintang 2 ini menegaskan, kepolisian pada prinsifnya mendukung pelaksanaan demokrasi berupa penyampaian aspirasi di wilayah Kalimantan Selatan.

“Setiap warga negara mempunyai hak untuk menyampaikan pendapat dan usulan. Namun yang terpenting harus dilaksanakan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” tegas Nico.

Dilihat dari jumlah peserta aksi, unjung rasa kali ini pesertanya jauh berkurang, sehingga pengunjuk rasa dapat menjada ketertiban masing-masing.

“Saya menyerahkan pengamanan di internal mereka terlebih dahulu. Mereka juga memberitahu kepada kami kalau ada penyusup,” imbuhnya.

Selama melaksanakan pengamanan, Nico mengaku selalu meminta kepada aparat yang berjaga, untuk memberi ruang kepada pengunjuk rasa menyampaikan aspirasinya.

“Tidak ada keinginan sama sekali dari kita untuk bentrok. Kalau ada luka saya sering menjenguk anggota ke rumah sakit. Begitu pun kalau yang luka dari adik-adik mahasiswa,” tutup Nico.

Baca Juga: Banjir Air Mata, Risma Pertemukan Pelajar yang Ikut Aksi Demo dengan Orang Tua

PenulisFakhrurazi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm