Supaya Survive di Tengah Pandemi, ini Pesan Kadin Koperasi dan UMKM Palembang

18 November 2020 21:50 WIB
Ana Heryana, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang
Ana Heryana, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang ( )

Palembang, Sonora.ID – Bukan rahasia umum lagi bahwa pandemi Corona sangat berdampak terhadap berbagai sektor salah satunya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berbagai pembatasan yang diterapkan menjadi salah satu indikator dampak pandemi sangat dirasakan oleh sektor UMKM.

Oleh karena itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Palembang, Ana Heryana berpesan kepada seluruh pelaku UMKM di Palembang supaya memperhatikan tiga hal yakni inovasi, kualitas dan pelayanan.

“Para pelaku UMKM saya tekankan untuk melakukan inovasi terhadap produk yang dihasilkan, mengingat permintaan dari pelanggan adalah terus menginginkan produk yang berkualitas, jadi saya harap pelaku UMKM memperhatikan hal ini,” katanya kepada Smart Fm Palembang beberapa waktu lalu.

Baca Juga: PMI Musi Banyuasin Tetap Eksis Lakukan Aksi Kemanusiaan Ditengah Pandemi Covid-19

Selanjutnya, Ana meminta pelaku UMKM juga harus mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan UMKM, sehingga konsumen tidak kecewa.

“Pelaku UMKM juga saya minta agar dapat mempertahankan kualitas produk UMKM, jangan sampai membuat konsumen kecewa. Misalnya hari ini makanan yang dibuat sangat enak, tapi keesokan harinya rasa makanan tersebut berubah menjadi tidak enak, tentunya ini mengecewakan konsumen,” ujarnya.

Ana menambahkan, langkah terakhir yang harus dilakukan UMKM supaya bisa tetap survive dan bertahan di tengah situasi pandemi saat ini adalah dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada konsumen.

Baca Juga: Tingkatkan Prestasi Olahraga, Dodi Reza Bangun Sarana Olahraga di Kecamatan Keluang

“Jadi pelayanan yang diberikan kepada konsumen juga harus prima, jangan membuat konsumen kecewa dan enggan membeli produk kita gara-gara pelayanan yang diberikan tidak prima,” jelasnya.

Untuk itu, Ana meminta para pelaku UMKM dapat memaksimalkan ketiga hal tersebut supaya dapat bertahan di tengah situasi sesulit apapun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.