Basarnas Banjarmasin Simulasi Kecelakaan Kapal di Waduk Riam Kanan

25 November 2020 18:27 WIB
simulasi penanganan kebakaran kapal di Waduk Riam Kanan
simulasi penanganan kebakaran kapal di Waduk Riam Kanan ( istimewa)

Banjar, Sonora.ID – Basarnas Banjarmasin bersama stake holder terkait, menggelar simulasi pemadaman kapal terbakar di perairan Waduk Riam Kanan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, pada Selasa (24/11) siang.

Dalam simulasi tersebut digambarkan adanya sebuah kapal kelotok yang mengangkut 11 penumpang yang berlabuh dari pelabuhan Aranio menuju desa Balangian terbakar. Penumpang langsung panik menyelamatkan diri dengan menceburkan diri ke waduk Riam Kanan.

Lebih kurang 15 menit, bantuan pertolongan pun datang. Petugas pemadam kebakaran dengan menggunakan dua buah kelotok langsung berusaha memadamkan api. Setelah itu berturut-turut bantuan datang dari Tim Basarnas Banjarmasin, Polair, tenaga medis dan masyarakat sekitar.

Kepala Basarnas Banjarmasin, Sunarto, mengatakan bahwa simulasi ini sebagai komitmen pemerintah dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat terkhusus bagi pengunjung waduk Riam Kanan.

“Kegiatan simulasi untuk mensinergikankan semua unsur baik dari Basarnas Banjarmasin, kepolisian, pemadam kebakaran, tim kesehatan dan semua unsur yang ada di wilayah waduk Riam Kanan,” ujarnya.

Sunarto mengharapkan, penanganan kecelakaan transportasi air akan lebih cepat apabila terjadi musibah kecelakaan kapal atau orang tenggelam di waduk yang diberdayakan sebagai pembangkit listrik tenaga air itu.

“Ini hanya simulasi, kita harapkan tak akan terjadi sesungguhnya,” tambahnya.

Selama ini, lanjut Sunarto kawasan waduk Riam Kanan sangat berisiko bila masyarakatnya tidak dibekali keterampilan di air. Oleh karenanya, perahu bermesin yang mengangkut penumpang di waduk Riam Kanan harus menyiapkan pelampung sesuai kebutuhan.

“Ini tidak lain untuk keselamatan, karena tidak semua yang naik kapal bisa berenang,” imbuhnya.

Sunarto menambahkan, hampir tiap tahun, waduk Riam Kanan memakan korban jiwa, karena itulah kesadaran masyarakat dan pemilik kapal sangat diharapkan.

“Khusus untuk pengemudi kelotok saya harapkan agar menyiapkan pelampung bagi penumpangnya. Jika penumpang tidak mau pakai pelampung jangan dibolehkan naik kelotok atau kapal,” pungkasnya. (RZ)

PenulisFakhrurazi
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.