Pemprov Sulsel Bangun Kanal di CPI Tangkal Bau Laut Pantai Losari

4 Desember 2020 07:00 WIB
Kondisi kanal yang akan dibangun di CPI
Kondisi kanal yang akan dibangun di CPI ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Kawasan Pantai Losari nantinya akan bebas dari bau busuk. Sebab, Pemprov Sulsel bersama Pemkot Makassar membuat kanal yang berfungsi membersihkan air laut dari limbah.

Manager Construction and Development CitraLand City Losari Makassar Nicky Putra Perwira Meliala menjelaskan, terdapat dua kanal yang akan dibangun. Masing-masing yaitu kanal Selatan CPI dengan lebar 30 meter dan kanal terusan Jongaya lebar 50 meter.

Berdasarkan perencanaan, kedua kanal saling terintegrasi untuk mengalihkan aliran limbah agar tidak mengarah ke Pantai Losari.

Dengan demikian, air laut di sekitar Losari tidak lagi berwarna hitam dan berbau kurang sedap.

Baca Juga: Wagub Sulsel Sebut Perbaikan Jalan Wujud Pemerataan Pembangunan

"Ada kanal selatan CPI dan ada warna merah (mengacu desain perubahan kanal drainase) itu tanah terusan. Dua (kanal baru) lebih baik, tapi satu bisa menjadi solusi juga. Jadi buangannya itu, ujungnya sekarang muaranya itu di Losari," terangnya.

Karena bermuara di Losari, lanjutnya, sampah-sampah dari Kota Makassar terbuang dan mengalir ke kali Jongaya, muaranya mengarah ke Pantai Losari.

"Kalau kita buka, maka muaranya akan dua, kalau kanalnya kita tambah satu di kanal merah, itu akan tiga muaranya. Ketiga muara ini dari kanal eksisting Jongaya, dua kanal baru, yakni kanal Selatan CPI dan kanal terusan Jongaya," jelasnya.

Sementara, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menuturkan, selain menjaga kebersihan laut, kanal-kanal itu dapat menjadi objek wisata. Terlebih nantinya di kawasan CPI, akan berdiri gedung pencakar langit Twin Tower.

"Kanal ini berfungsi untuk membersihkan (flushing) kanal Jongaya (kanal eksisting Jongaya), sehingga buangan tidak mengarah ke Pantai Losari, tapi ke dua kanal lainnya. Diharapkan, nantinya air laut di sekitar Losari tidak lagi berwarna hitam,"pungkasnya.

Baca Juga: Sungai Banjir Kanal Barat Semarang Kini Menjadi Tempat Wisata Baru

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.