Sandiaga : Mandalika Sudah Layak Menjadi Destinasi Wisata Olahraga

17 Januari 2021 10:31 WIB
Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif /Barekraft Sandiaga Uno meninjau kawasan wisata olahraga di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif /Barekraft Sandiaga Uno meninjau kawasan wisata olahraga di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. ( Istimewa)

SONORA.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) layak menjadi venue gelaran wisata olahraga atau sport tourism.

Hal itu dipastikan langsung Menparekraf Sandiaga Uno pada Sabtu (16/1/2021) yang melakukan serangkaian olahraga secara terus-menerus (triathlon) mulai dari berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, lalu dilanjutkan bersepeda sejauh 7,5 kilometer ke Novotel, dan berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita baru saja menyelesaikan mini triathlon trail. Mulai dari berenang di Tanjung Aan, lalu bersepeda, dilanjut lari dan finish di Pantai Kuta Mandalika. Semua kita lakukan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin yang kita praktikkan sendiri saat kita olahraga. Kita harapkan setiap kegiatan bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik,” kata Sandi.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, olahraga yang dilakukannya merupakan bagian dari persiapan para komunitas _sport tourism_ untuk menyambut event internasional dengan mulai menggunakan Mandalika yang menjadi destinasi super prioritas yang fokus pada wisata olahraga.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi _sport tourism_, kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer yang akrab disapa Barry menjelaskan, Mandalika memang kita siapkan untuk menjadi destinasi _sport tourism_, kemudian beberapa event lainya dengan konsep olahraga sambil menikmati alam.

“Di tahun 2021 akan ada 5 event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L'etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100,” ujar Mansoer.

Barry juga menjelaskan, Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah menyetujui untuk dibuat kawasan olahraga yang di dalamnya akan ada _running track_. Kawasan Mandalika yang berdiri di lahan 1.100 hektare tersebut memiliki lima pantai dan beberapa bukit yang bisa digunakan olahraga lainya.

“Selain pantai, kami juga memiliki gunung yang bisa digunakan untuk parasailing, landingnya di Pantai Kuta Mandalika. Nantinya juga akan ada lapangan golf. Intinya Mandalika siap memfasilitasi gelaran _sport tourism_ yang digelar di Indonesia,” ujarnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.