11 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Taman Nasional Alas Purwo

21 Januari 2021 15:19 WIB
Salah satu situs bersejarah di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Salah satu situs bersejarah di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. ( (ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI)

Sonora.ID - Nama destinasi wisata Taman Nasional Alas Purwo (TN Alas Purwo) menjadi perbinjangan, usai salah satu turis asing menilai bahwa tempat ini jauh lebih indah dan menarik dibandingkan Bali.

Tempat wisata ini terletak di ujung tenggara Pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Selama ini orang mengenal Taman Nasional Alas Purwo sebagai tempat yang menyimpan hawa mistis, angker dan penuh dengan misteri.

Bahkan, ada anggapan yang menyebar bahwa tempat tersebut adalah kerajaan jin terbesar di wilayah Jawa.

Namun, terlepas dari berbagai kabar miring mengenai TN Alas Purwo, ternyata tempat ini dikelilingi oleh berbagai hal yang menarik.

Baca Juga: Kopeng Treetop Adventure Park, Destinasi Wisata di Kota Salatiga

Tmepat ini juga telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional di Indonesia, kamu bisa menemukan banyak kawasan wisata menarik.

Adapun hal -hal menarik yang bakal Anda temui saat berkunjung ke sana adalah kawasan savana, wisata budaya, hutan mangrove, goa kuno, hingga aneka pantai.

Termasuk pula sekitar 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil yang menghuni TN Alas Purwo ini.

Berikut ini 11 tempat menarik yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke TN Alas Purwo :

Baca Juga: Destinasi Wisata Sam Poo Kong, Bangunan Sejarah di Semarang yang Sayang Dilewatkan

1. Pantai Trianggulasi

Kumpulan rusa di pinggir Pantai Triangulasi, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Trianggulasi merupakan salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi. Pantai ini juga tersonggor memiliki pasir putih dan cantik.

Selain itu, air dipantai ini pun sangat jernih ditambah dengan suasana yang begitu sepi. Menjadikan pantai ini seperti tak berada di Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Semarang, Salah Satunya Nasi Gandul

2. Pantai Teluk Biru

Pantai Teluk Biru adalah salah satu tempat terbaik bagi kamu yang hobi snorkeling dan diving.

Kamu bisa melihat berbagai kehidupan lautan, seperti terumbu karang, ganggang, dan aneka ikan yang masih sangat asli dan dilindungi di sini.

3. Pantai Pancur

Pantai Pancur merupakan pantai berpasir putih lain yang berada di kawasan TN Alas Purwo.

Nama pantai ini diambil berdasarkan keberadaan sebuah sungai yang airnya mengalir ke pantai yang membentuk sebuah pancuran.

Wisatawan juga bisa berkemah di area camping ground yang tersedia di sekitar pantai. Sekitar dua kilometer dari sana, terdapat goa yang cukup sakral, yakni Goa Istana dan Sendang Srengege.

Pantai ini punya fasilitas yang lengkap, termasuk mushala, tempat parkir, dan warung makan.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Semarang, Salah Satunya Nasi Gandul

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm