Keren, Wanita Ini Sulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Piring

25 Januari 2021 19:52 WIB
Illustrasi Minyak Jelantah
Illustrasi Minyak Jelantah ( Freepict.com)

Sonora.ID - Mungkin bagi Anda minyak jelantah tidak akan pernah bisa diolah menjadi apapun dan tergolong barang tak berguna. Nyatanya hal ini sama sekali tidak benar loh.

Founder UMKM lokal Miji Artisan Soap, Pinkan Amanda memberikan inspirasi baru kepada masyarakat dengan mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun.

Wanita tersebut menuturkan bahwa, tingginya konsumsi gorengan di Indonesia membuat banyak pedagang kerepotan terhadap adanya limbah minyak jelantah.

"Orang Indonesia kan suka banget gorengan. Nah, untuk yang masih pakai minyak goreng pasti kan banyak jelantahnya."

Tingkat limbah minyak goreng bekas di rumah tangga masih cukup tinggi, yakni sekitar 60 persen. Angka yang lebih besar daripada hotel dan restoran. Jika dibuang, limbah ini dapat merusak tanah dan tanaman serta mencemari air, bahkan menyumbat pipa air.

Baca Juga: Manfaatkan Limbah Kayu, Nurfaisal Sukses Dirikan Bisnis Jam tangan

Tapi, karena minyak jelantah sudah tidak mengandung nutrisi, jadi sebaiknya sabun dari minyak jelantah ini tidak digunakan untuk mandi atau cuci muka.

"Hanya dengan (seukuran) paper cup kecil itu sudah cukup untuk bikin sabun cuci tangan, sabun cuci piring," kata Founder UMKM lokal Miji Artisan Soap, Pinkan Amanda kepada Kompas.com.

Menurut Pinkan, selain minyak jelantah Anda dapat mengunakan berbagai jenis minyak, sesuai dengan kebutuhan sabun yang dibuat.

"Bisa minyak jelantah, minyak kelapa sama minyak sawit. Tapi kalau kemarin, spiritnya Miji lebih banyak ke mengolah limbah," ungkap Pinkan.

Tidak hanya itu, Pinkan menyebutkan bahwa UMKM lokal Miji Artisan Soap juga memberikan kesempatan siapa saja mengolah minyak menjadi sabun loh.

Hal tersebut Miji bagikan melalui laman sosial medianya, mereka juga menjelaskan bahan apa saja yang digunakan dan cara membuatnya.

Bahan Minyak jelantah 250 ml. Miji menggunakan minyak jelantah dari minyak sawit. Air putih 109 ml. NaOH (soda api) 37 gram.

Fragrance oil 4 ml. Pewarna sabun. Ini dapat diganti dengan ampas kopi atau kunyit bubuk. 2 buah gelas kertas.

Baca Juga: Sepanjang 2020, 82 Ribu UMKM Palembang Didaftarkan untuk Terima BLT

Wadah plastik. Stik es krim untuk pengaduk. Saringan atau kain untuk menyaring minyak. Masker kain atau masker medis, kacamata atau faceshield, sarung tangan, serta mengenakan baju lengan panjang.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.