Menyantap Hidangan Sate Kerbau Khas Kudus, Jawa Tengah

1 Februari 2021 16:10 WIB
Sate Kerbau khas Kudus.
Sate Kerbau khas Kudus. ( Sajian Sedap)

Semarang, Sonora.ID - Mendengar nama makanan yang satu ini, pastilah tidak asing, makanan yang telah dianggap sebagai salah satu makanan nasional ini adalah sate. Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan lidi.

Sate merupakan hidangan yang sangat popular di Indonesia hingga luar negeri, seperti negara-negara di Asia Tenggara, Malaysia, Filipina, Thailand hingga Belanda. Hampir segala jenis daging dapat diolah menjadi sate. Pada umumnya daging yang digunakan untuk diolah menjadi sate seperti ayam, kambing, sapi, kelinci, babi dan kuda.

Berbeda dengan sate yang satu ini, Sate unik ini berasal dari daerah kudus. Berbeda dengan sate pada umunya Sate khas kudus ini menggunakan daging kerbau, yang menjadi makanan ini sangat khas.

Baca Juga: Wisata Kuliner Khas Solo, 4 Jajanan Legendaris Nikmat yang Mulai Langka

Daging kerbau kerbau memiliki tekstur yang lebih keras dan liat dibanding daging sapi, kambing ataupun daging lainnya. Sehingga cara pengolahannya pun tidak bisa langsung ditusuk dan dipanggang. Daging yang sudah dipotong dipukul-pukul dengan kayu, agar tekstur daging kerbau yang keras bisa jadi lebih lembut tapi tidak hancur.

Kota Kudus dan daging kerbau memiliki sejarahnya sendiri. Saat Sunan Kudus menyebarkan agama Islam, di daerah ini masih banyak yang beragama Hindu yang meyakini sapi sebagai binatang suci.

Karena Sunan Kudus sangat menjunjung tinggi toleransi, maka beliau menganjurkan masyarakat tidak mengonsumsi daging sapi. Sunan Kudus menganjurkan masyarakat mengganti daging sapi dengan daging kerbau sebagai solusi untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Si Manis Moto Belong Kuliner Nikmat Khas Kota Jepara, Jawa Tengah

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.